Gelombang Tinggi, Nelayan Jangan melaut

0
Sejumlah kapal sandar (parkir) di Pelabuhan Pekalongan, Selasa (7/1/2020), menunggu cuaca bersahabat untuk melaut (Foto:Puskapik/Yon)

PEKALONGAN (PUSKAPIK) –Syahbandar Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, imbau nelayan jangan melaut. Ini juga berdasarkan informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) bahwa Selasa (7/1/2020) sampai dengan Kamis (9/1/2020) gelombang di sekitar PPNP tinggi.

Analyst PPNP, Al Fajar Alam, mengungkapkan, menurut BMKG masih waspada gelombang tinggi sampai Kamis. “Awalnya, untuk kapal besar yang akan berangkat agar memenuhi persyaratan dan membuat surat pernyataan. Namun tingginya gelombang saat ini tak ada kapal yang dizinkan untuk berlayar,” kata Fajar.

Menurut Fajar, angin di sekitaran PPNP yakni 5-15 knot dari arah barat daya sampai barat laut dengan gelombang 0,5-1,25. Tapi gelombang tinggi masih berpeluang di perairan Utara Jawa Tengah, Karimunjawa, dan Laut Jawa bagian tengah dengan tinggi gelombang 1,25- 2,5.

“Hari ini ada satu kapal yang mengajukan izin berlayar dan membuat surat pernyataan untuk dikeluarkan surat persetujuan berlayar (SPB). Namun izin tidak kami keluarkan,” tambah Fajar.(Yon)