Besok, Puro Mangkunegaran Gelar Kirab Pusaka Dalem

0

PUSKAPIK.COM, Solo – Puro Mangkunegaran bakal menggelar Kirab Pusaka Dalem untuk menyambut datangnya tahun baru Jawa 1 Suro Ehe 1956 besok, Jumat 29 Juli 2022, dimulai pukul 19.00 WIB.

Kirab Pusaka Dalem tersebut bakal diawali dengan prosesi permohonan izin kepada SIJ. KGPAA. Mangkoenagoro X.

Plt. Pengageng Kantor Pariwisata Puro Mangkunegaran, MNg Joko Pramudyo, menuturkan, rencananya rute Kirab Pusaka Dalem ini dimulai dari gerbang utama Puro Mangkunegaran.

“Selanjutnya di Jalan Ronggowarsito, berbelok ke kanan ke Jalan Kartini, Jalan R.M Said, Jalan Teuku Umar, dan kembali ke Puro Mangkunegaran,” tuturnya, Kamis 28 Juli 2022.

Kirab Pusaka Dalem rencananya dipimpin oleh KRMH. Roy Rahajasa Yamin sebagai cucuk lampah dan diikuti oleh keluarga, kerabat, dan abdi dalem Mangkunegaran, tamu undangan, serta masyarakat umum.

Selama prosesi Kirab Pusaka Dalem, para peserta tidak diperbolehkan memakai alas kaki dan berbicara.

Setelah pelaksanaan Kirab Pusaka Dalem, kegiatan akan dilanjutkan dengan prosesi semedi yang akan dilaksanakan di Pendapa Agung dan Paringgitan Puro Mangkunegaran hingga Sabtu, 30 Juli 2022 / 1 Suro dini hari.

“Prosesi semedi dilaksanakan dengan tujuan agar manusia mengingat siapa dirinya
sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan sebagai bentuk kewaspadaan dari segala bentuk
godaan dan perbuatan buruk.” kata Joko.

Joko Pramudyo menambahkan, nantinya kerabat, tamu undangan, dan masyarakat umum yang mengikuti Kirab Pusaka Dalem dan prosesi semedi diwajibkan mengenakan ageman jawi jangkep dasar hitam.

“Dhuwungan bagi laki-laki dan ageman jawi nyampingan ukel tradisi Jawa cunduk penyu bagi perempuan. Selain Pangeran dan Bupati Sepuh tidak diperkenankan mengenakan batik motif parang, motif lereng, dan pakaian berbahan beludru.” imbuhnya.

Seluruh peserta diharapkan sudah hadir di Puro Mangkunegaran sejak pukul 18.00 WIB. Kemudian hal yang tidak kalah penting, semua masyarakat maupun tamu undangan diharapkan tetap taat dan patuh pada protokol kesehatan.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini