Bagikan Daging Kurban, DLH Pemalang : Jangan Pakai Kantong Plastik

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang mengimbau pembagian daging kurban Idul Adha 1443 Hijriah/2022 tidak menggunakan kantong plastik.

“Kalau pakai kantong plastik jelas tidak ramah lingkungan.” ujar Kepala DLH Pemalang, Raharjo, Rabu 6 Juli 2022.

Imbauan pembagian daging kurban tanpa menggunakan kantong plastik itu ditujukan kepada seluruh panitia kurban di wilayah Kabupaten Pemalang.

“Kan bisa menggunakan bahan pembungkus lain yang ramah lingkungan, seperti pakai daun dan besek,” tuturnya.

Menurut Raharjo, penggunaan daun dan besek sebagai pembungkus daging kurban juga dapat mempertahankan kualitas daging, karena tak terkontaminasi plastik.

Imbauan tersebut baru-baru ini juga disampaikan Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Sekretariat Daerah dalam surat edaran nomor 451.14/2071/DLH.

Surat edaran itu mengimbau Kepala OPD, ASN, Camat, Kepala Desa / Lurah, Sekolah, Madrasah dan Pondok Pesantren untuk mendukung pelaksanaan Idul Adha tanpa sampah plastik.

Mereka diimbau untuk mengajak panitia kurban agar tidak menggunakan kantong plastik dalam pembagian daging kurban atau mengimbau masyarakat membawa wadah sendiri.

Sebagai ganti kantong plastik yaitu menggunakan daun jati/pisang, wadah anyaman bambu (besek) ataupun wadah lainnya yang bisa digunakan ulang dan tak menimbulkan sampah plastik.

Panitia kurban juga diimbau untuk menyediakan sarana prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah terpilah di lokasi Salat Idul Adha dan pembagian daging kurban.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini