Cegah PMK, PMI Pemalang Semprot Disinfektan Eco Enzyme di Pasar Hewan

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang membantu upaya pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Pencegahan dilakukan dengan penyemprotan hewan ternak menggunakan disinfektan dari eco enzyme di Pasar Hewan Randudongkal, Minggu 3 Juli 2022, kemarin.

Kepala PMI Pemalang, Akhmad Patah, mengatakan, pencegahan penyebaran PMK dengan penyemprotan disinfektan ini adalah tindaklanjut dari imbauan PMI Provinsi Jawa Tengah.

“Relawan kami terjun ke Pasar Hewan Randudongkal untuk menyemprot hewan ternak disana dengan disinfektan eco enzyme.” tuturnya, Senin 4 Juli 2022.

Untuk diketahui, eco enzyme merupakan larutan hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air.

“Eco enzyme ini merupakan bahan organik yang aman untuk masyarakat. Pengelola pasar juga kami beri cairan eco enzyme ini agar bisa melakukan penyemprotan mandiri.” ungkapnya.

Harapannya, penyemprotan disinfektan dengan eco enzyme ini mampu mencegah penyebaran PMK di Pasar Hewan Randudongkal. Apalagi menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini