Asemdoyong Bakal Jadi Proyek Percontohan Penanganan Kemiskinan di Kabupaten Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Kabupaten Pemalang bakal membuat proyek percontohan (piloting project) dalam upaya penanganan kemiskinan.

Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menuturkan, proyek percontohan penanganan kemiskinan itu menyasar Desa Asemdoyong Kecamatan Taman.

“Nanti Asemdoyong awalnya kita potret dan tiga bulan kemudian kita evaluasi, kita monitor berkelanjutan.” tuturnya, Selasa 7 Juni 2022.

Selain itu, kata Mansur, strategi penanganan kemiskinan lainnya adalah menjadikan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemalang sebagai pendamping desa miskin.

“Nanti satu OPD bisa menangani 3 atau 4 desa. OPD ini bukan jadi eksekutor, tapi mereka menjembatani desa.” jelasnya.

Dikatakan Mansur, tahun ini proyek penanganan kemiskinan masih dilanjutkan dengan jambanisasi, bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), serta penyediaan instalasi listrik.

“Nanti juga termasuk kebutuhan air bersih untuk masyarakat miskin.” papar Mansur yang juga ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Pemalang.

Pemerintah Kabupaten Pemalang sendiri menargetkan permasalahan kemiskinan ini rampung pada tahun 2024 mendatang.

“Minimal kemiskinan ekstrem yang Presiden Jokowi targetkan 0 persen di tahun 2024.” tandas Mansur Hidayat.

Diberitakan sebelumnya, Selasa 7 Juni 2022, Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menilai secara riil angka kemiskinan di daerahnya relatif rendah. Mansur meminta data kemiskinan dievaluasi.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini