Diguyur Hujan Deras, Satu Unit Rumah Runtuh Terbawa Tanah Longsor

Warga Desa Purbo, Kecamatan Bawang, Kendal sedang mengamati rumah yang runtuh terbawa tanah longsor, Senin (6/1/2020). FOTO/ISTIMEWA

KENDAL (PUSKAPIK) – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kendal, Minggu (5/1/2020) malam, menyebabkan satu unit rumah Desa Purbo, Kecamatan Bawang runtuh terbawa tanah longsor. Satu rumah di bawahnya rusak ringan karena tertimpa material longsor dan lima rumah lainnya terancam.

Unit rumah yang terbawa tanah longsor merupakan milik warga RT 2/RW 1 Desa Purbo, Kecamatan Bawang. Adapun rumah di bawahnya yang tertimpa material longsor adalah kepunyaan Mubaidi, tetangganya.

Kepada wartawan, Senin (6/1/2020), Mubaidi menuturkan, waktu itu hujan turun dengan intensitas tinggi. Dirinya bersama istri dan dua cucu tengah berada di dalam rumah. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh atau retakan pada fondasi talud. Setelah dicek ternyata rumah di atasnya yang runtuh lantaran terbawa tanah longsor.

“Longsoran tanah dan material bangunan rumah menimpa rumah kami yang berada di bawahnya,” katanya.

Kepala Desa Purbo Syamsul Huda mengatakan, tanah longsor yang membawa satu unit rumah runtuh terjadi setelah hujan deras turun. Akibat peristiwa itu, kerugian yang diderita pemilik rumah ditaksir mencapai Rp70 juta.

“Faktor alam memang sangat mendukung terjadinya gerakan tanah saat musim hujan, sehingga peristiwa bencana alam tersebut bisa mengancam 5 rumah yang berada persis di bawahnya,” katanya.

Hingga tadi siang, material longsor belum dibersihkan karena menunggu tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang dan relawan lain dari TNI/Polri. Untuk sementara, pemilik rumah yang runtuh terbawa longsor mengungsi ke rumah tetangga. (FM)