Banjir Rob di Ulujami Pemalang, Ribuan Rumah Terendam

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ribuan rumah di Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang terendam banjir rob. Ketinggian air mencapai 100 sentimeter. Sejumlah warga memilih mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Sugiyanto, mengatakan, saat ini tercatat ada 8 desa di Kecamatan Ulujami yang terdampak banjir rob.

“Ada 8 desa yang terdampak yaitu Pesantren, Mojo, Ketapang, Kaliprau, Tasikrejo, Blendung, Kertosari, Limbangan.” jelasnya, Selasa 24 Mei 2022.

Banjir rob ini terjadi sejak Minggu 22 Mei 2022 lalu. Kondisi banjir paling parah terjadi di Desa Pesantren dengan ketinggian air mencapai 80 sampai 100 sentimeter.

“Paling rendah di Desa Kertosari 20 sentimeter, sedangkan yang lainnya 30 sampai 50 sentimeter. Mayoritas status air masih menggenang” kata Sugiyanto.

Sedikitnya ada 1.996 rumah dan 2.431 KK (Kartu Keluarga) yang terendam banjir rob ini. Beberapa warga yang rumahnya terendam pun memilih mengungsi.

“Kami sudah menerjunkan dua set perahu karet untuk mengevakuasi warga, di Desa Kertosari ada 10 orang yang mengungsi.” terang Sugiyanto.

Sugiyanto menambahkan, dapur umum juga dibangun di 3 desa untuk menopang hidup warga, diantaranya di Desa Pesantren, Desa Ketapang dan Desa Kaliprau.

“Termasuk kami kirim bahan baku pangan di posko-posko dapur umum tersebut. Sembari melakukan penanganan, kami terus memantau perkembangan info dari BMKG.” tandas Sugiyanto.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini