Berkemah dan Menyaksikan Sunrise di Bukit Janglangas Desa Tundagan Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Berkemah diatas bukit dengan suguhan pemandangan alam mungkin bisa menjadi pilihan alternatif untuk menyegarkan tubuh dan pikiran saat liburan.

Sensasi itu bisa dinikmati di Bukit Janglangas, yang berada di Desa Tundagan, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Bukit setinggi 1600 meter diatas permukaan laut (Mdpl) tersebut masuk dalam kawasan Objek Wisata Alam Penjalin Mas, Desa Tundagan.

Untuk sampai di Objek Wisata Alam Penjalin Mas, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer atau 2 jam dari pusat kota Pemalang.

Dalam perjalanan, ketika memasuki Desa Tundagan, panorama sawah terasering dengan latar belakang perbukitan menyambut pengunjung.

Mengingat akses jalan menuju objek wisata itu cukup ekstrem dengan tanjakan curam, pastikan kendaraan dalam keadaan prima dan sopir handal.

Sesampainya di Basecamp Objek Wisata Penjalin Mas, pengunjung cukup merogoh kocek tiket Rp 10.000 per-orang dan parkir kendaraaan Rp 5000.

Seusai registrasi, pengunjung bisa langsung melakukan pendakian menuju Bukit Janglangas dengan trekking menanjak sekitar 1 kilometer.

Ada beberapa area berkemah di Bukit Janglangas, salah satunya berada di dekat patok perbatasan Kabupaten Pemalang dan Purbalingga.

Dari area berkemah maupun puncak Bukit Janglangas setinggi 1600 Mdpl itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Momen matahari terbit (Sunrise) di ufuk timur yang muncul diantara perbukitan menjadi pemandangan yang paling dinanti para pengunjung.

 

Suguhan pemandangan alam yang epic itu tak disia-siakan mereka dengan mengabadikannya (foto) menggunakan smartphone kesayangan.

Tak hanya warga lokal Kabupaten Pemalang, banyak juga pengunjung dari luar kota yang datang dan berkemah di Bukit Janglangas.

“Pertama kali tahu tempat ini (Bukit Janglangas) lihat di medsos, terus sama teman-teman camping disini.”

“Udah dua kali camping disini, asyik sih, trekkingnya enggak begitu jauh. Viewnya juga oke.” kata Ikhsan, salah satu pengunjung, Sabtu 7 Mei 2022.

Wisata jelajah dan berkemah di Bukit Janglangas sendiri baru dibuka pada September 2020 lalu. Meskipun tergolong baru, wisata khusus ini ramai  pengunjung.

“Dari pertama buka itu per-bulan minimal ada 200 pengunjung yang dari luar daerah.” tutur Hadi Syafa’at, Pengelola Objek Wisata Penjalin Mas.

Selain Bukit Janglangas, kawasan Objek Wisata Penjalin Mas di Desa Tundagan itu juga terdapat wisata jelajah alam lainnya seperti Bukit Cemangkung dan beberapa wisata religi.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini