Bangun Posko Mudik di Jalan Pantura Petarukan Pemalang, RPK Jateng Ajak Minimalisir Sampah

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Relawan Peduli Kemanusiaan (RPK) Jawa Tengah membangun posko mudik Lebaran di Jalan Pantura Petarukan Kabupaten Pemalang dengan beragam fasilitas.

Posko mudik Lebaran dari RPK Jateng ini tepatnya dibangun di sebelah timur SPBU Sirangkang (jalur utara), Desa Pesucen, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang.

Ketua RPK Jateng, Tarto Budiharso, menuturkan, pihaknya membangun posko mudik Lebaran ini untuk membantu kelancaran dan keselamatan para pemudik dalam perjalanan pulang kampung.

“Bagi pemudik yang merasa lelah saat melintas di Jalan Pantura Petarukan Pemalang silahkan mampir dan beristirahat di posko kami,” kata Tarto, Sabtu 30 April 2022.

Tarto mengimbau pemudik agar tak memaksakan perjalanan jika merasa lelah maupun mengantuk. “Hati-hati dalam berkendara, utamakan keselamatan. Ingat, keluarga menanti anda dirumah.” tuturnya.

Beragam fasilitas tersedia di Posko Mudik Lebaran RPK Jateng itu, mulai dari tempat beristirahat yang cukup luas, toilet bersih, air mineral Ajibpool gratis, hingga stop kontak untuk mengisi baterai telepon.

Berbeda dengan posko-posko lainnya, posko mudik Lebaran RPK Jateng ini cukup unik dengan adanya panggung Ecobrick yang dipajang di pos pantau.

“Selama mudik Lebaran ini, kami bersama PT Enviro Total Solusi sekaligus mensosialisasikan mudik minim sampah.” kata Tarto yang juga trainer Ecobrick nasional.

Tarto mengimbau pemudik agar tak membuang sampah sembarangan selama perjalanan. Dirinya pun memberikan sejumlah tips untuk meminimalisir sampah, khususnya sampah plastik.

“Yuk biasakan disiplin, buang sampah ya di tong sampah. Pilah sampah sebelum dobuang. Kurangi penggunaan sampah plastik, bawa alat makan sendiri, untuk minum bawa tumbler sendiri.” jelasnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini