Imbau Mudik Minim Sampah, DLH Pemalang : Ada Tumpukan Sampah Laporkan ke Kami

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 lalu lintas jalan di wilayah pantura mulai dipadati pemudik, tak terkecuali di Kabupaten Pemalang.

Di sepanjang Jalan Pantura Kabupaten Pemalang kerap dijumpai pemudik kendaraan roda dua maupun empat yang singgah di tepi jalan untuk beristirahat sejenak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemalang, Raharjo, mengimbau agar pemudik yang melintas di Kabupaten Pemalang ikut menjaga kebersihan lingkungan.

“Jadi selama perjalanan ataupun saat beristirahat diharap agar sampah dibuang pada tempatnya, di tong sampah. Kita sama-sama jaga lingkungan, jaga kebersihan.” Kata Raharjo, Jumat 29 April 2022.

Pemudik juga diingatkan agar tak menggunakan plastik sekali pakai saat berbelanja selama perjalanan, melainkan menggunakan tas khusus untuk membawa barang belanjaan.

“Alangkah lebih baik kalau menggunakan tas, seperti tote bag. Jadi kita meminimalisir sampah plastik.” jelasnya.

Imbauan Dinas Lingkungan Hidup Pemalang terkait sampah selama mudik Lebaran 2022 ini juga digencarkan lewat tagline ‘Mudik Aman, Mudik Sehat, dan Mudik Minim Sampah’.

Tak hanya itu, kata Raharjo, pihaknya juga memasang spanduk imbauan larangan membuang sampah sembarangan kepada pemudik di Gandulan, Lawangrejo, Paduraksa serta Sirandu.

“Masyarakat juga bisa melapor ke kami jika menemui tumpukan sampah selama mudik Lebaran ke nomor 081325515357 (WhatsApp) sertakan lokasi, foto maupun video.” kata Raharjo.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini