Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Pemalang, Hendrawan Supratikno : Jaga Pancasila!

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Anggota DPR/MPR RI, Profesor Hendrawan Supratikno, mengajak masyarakat untuk menjaga Pancasila sebagai ideologi negara dan bangsa Indonesia.

Itu disampaikan Hendrawan Supratikno saat mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan di aula Hotel Segoro, Kelurahan Pelutan, Kabupaten Pemalang, Minggu 24 April 2022.

“Ideologi bagi suatu negara jangan dianggap remeh,  jangan diabaikan, harus dijaga, diperjuangkan untuk direalisasikan.” tegas Hendrawan di hadapan peserta sosialisasi.

Menurut Hendrawan Supratikno, masyarakat Indonesia harus memperteguh dan mempedomani ideologi Pancasila ditengah banyaknya rongrongan ideologi-ideologi lain.

Hal itu mengingat ada survey yang menyebut 19% Aparatur Sipil Negara (ASN) Indonesia tak setuju terhadap ideologi Pancasila. Hasil survey ini sempat ramai diperbincangkan.

Survei tersebut dilakukan Alvara Research pada 2017 di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Hasilnya 19,4% ASN terindikasi Anti-Pancasila.

Mayoritas, kata Hendrawan, mereka yang tak setuju ideologi Pancasila biasanya mengadopsi paham lain seperti khilafah yang menghadirkan Islam sebagai ideologi politik yang keras.

“Sementara sebagian besar penganut Islam di Indonesia itu Islam jalan tengah, Islam moderat, Islam Inklusif, Islam yang rahmatan lil alamin.” papar Hendrawan.

Islam moderat dan Islam yang rahmatan lil alamin itu, sambung Hendrawan, digaungkan dua organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah.

Dalam acara sosialisasi itu, Hendrawan meminta agar para peserta yang hadir nantinya turut mensosialisasikan Pancasila sebagai salah satu pilar kebangsaan di lingkungan sekitar.

“Pancasila itu konsensus bersama, konsensus yang bisa membuat kita hidup dalam negara dan bangsa, bahasa bersama.” jelas Hendrawan.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!