Tertimbun Longsor, Jalan Penghubung Antardesa di Banjarnegara Terputus

0
Jalan penghubung antardesa dan Kecamatan Pamdanarum ke Kalibening, Banjarnegara tertutup tanah longsor, Minggu (5/1/2020) sore. FOTO/ISTIMEWA

BANJARNEGARA (PUSKAPIK) – Jalan penghubung antardesa dan Kecamatan Pamdanarum ke Kalibening, Banjarnegara terputus total setelah tertimbun tanah longsor, Minggu (5/1/2020) sore. Tebing setinggi 20 meter dan panjang 25 meter runtuh setelah diguyur hujan sejak Sabtu (4/1/2020) malam.

Hingga tadi malam material longsor belum dibersihkan mengingat kondisi tanah masih labil.

“Akibat longsor, jalan ini tidak bisa dilalui roda 2 ataupun roda empat. Curah hujan yang tinggi dan kondisi tanah yang labil menjadi penyebab terjadinya tanah longsor,” kata Ketua Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arief Rachman, Minggu (5/1/2020) malam.

Hingga saat ini petugas BPBD dan tim gabungan belum melakukan pembersihan material longsor karena kondisi tanah masih labil. Petugas hanya melokalisir jalur air dan membuat akses untuk pejalan kaki.

Arief meminta warga waspada terhadap potensi tanah longsor susulan. Sebab kondisi tanah labil dan curah hujan tinggi masih tinggi. “Kami imbau warga untuk waspada,” katanya. (FM)