Aksi Petugas BPBD Kendal Bersihkan Pohon Asem Tumbang ke Sungai

0
Petugas BPBD Kendal tengah berusaha mengangkat ranting pohon asem yang tumbang ke Sungai Kendal, Sabtu (4/1/2020). FOTO/ISTIMEWA

KENDAL (PUSKAPIK) – Satu unit kios yang berada tepatnya di pinggir Sungai Kendal Kelurahan Kebondalem ambruk lantaran tertimpa pohon tumbang di sampingnya, Sabtu (4/1/2020) siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tapi pohon asem berukuran besar yang tumbang menutup aliran sungai sehingga membuat air meluap ke jalan raya.

Pohon tumbang disebabkan terkikis derasnya aliran air sungai setelah hujan deras mengguyur dalam beberapa waktu terakhir. “Selain karena angin kencang, pohon tumbang juga karena terkikis aliran air sungai,” kata petugas SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Khaerul Huda.

Kondisi Sungai Kendal yang debit airnya naik dan berarus deras ini menjadi kendala petugas untuk menyingkirkan pohon yang tumbang. Meski sudah menggunakan tali agar dahan yang telah dipotong tidak terbawa arus, tapi petugas tetap harus terjun ke sungai untuk mengangkatnya karena tersangkut.

Menurut Huda, batang dan ranting pohon yang menutup aliran sungai harus segera dibersihkan agar air sungai tidak meluap ke jalan dan pemukiman warga. Dengan kerja sama tim yang kompak akhirnya bantan dan ranting pohon tumbang bisa diangkat dan aliran sungai kembali lancar. (FM)