Jaga Keseimbangan Air Tanah, PDAM Tanam Ribuan Bibit Pohon Aren

0

PEMALANG (PuskAPIK) – Sejumlah 2.500 batang pohon Aren ditanam oleh PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, Kamis (24/11).

Pohon bantuan dari Habib Luthfi bin Yahya kepada Pemerintah kabupaten Pemalang tersebut ditanam secara simbolis oleh Sekda kabupaten Pemalang Budhi Rahardjo sebelum acara penutupan Festival Desa Teknologi Informatika dan Komunikasi (Destika) 2017 di kabupaten di desa Nyalembeng kecamatan Pulosari kabuoayen Pemalang, Kamis (23/11).

Sebanyak 2.500 batang bibit pohon aren (Arenga pinnata Merr.) sumbangan Habib Luthfi Bin Yahya dari Pekalongan diterima oleh pemerintah kabupaten Pemalang. Dalam pelaksanaan penanamannya pemkab Pemalang menggandeng PDAM Tirta Mulia Pemalang.

Direktur Umum PDAM Tirta Mulia Pemalang Moch. Arief Setyawan, melalui kasubag humas dan hukum, Ponco Adisuseno menyampaikan bahwa Pemerintah kabupaten Pemalang menggandeng PDAM Tirta Mulia kabupaten Pemalang untuk melaksanakan penanaman dengan lokasi di sekitar mata air PDAM Tirta Mulia Pemalang dan di sekitar mata air desa Nyalembeng dan Pulosari.

“Kami dari PDAM Tirta Mulia Pemalang digandeng oleh Pemkab Pemalang untuk menanam bibit Aren Sumbangan Habib Luthfi Bin Yahya. Bibit aren ini akan kami tanam di sekitar mata air sumber air baku yang dimiliki oleh PDAM Tirta Mulia Pemalang,” jwlas Direktur Umum Arief Setyawan melalui kasubag humas dan hukum Ponco Adisuseno.

Lebih lanjut dijelaskan Ponco bila nantinya tanaman aren tersebut menjadi hutan aren, maka tidak perlu lagi meragukan fungsi konservasi air pada pohon aren. Hal tersebut terjadi karena pohon aren menyimpan air di batangnya dan akan mengeluarkannya lewat akar pada musim kering. Disebutkan satu batang pohon aren dewasa dapat menyimpan air hingga mencapai 200 liter.

Ponco juga berharap dengan adanya pohon aren tersebut, sumber air yang dimiliki oleh PDAM Tirta Mulia Pemalang dan milik masyarakat mampu menjaga keseimbangan air tanah di kawasan tersebut. (hp/red)