Jajakan Ratusan Produk, Yuk Kunjungi Expo dan Bazar UMKM Nahdliyin Comal

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Nahdliyin Comal dipamerkan lewat acara Expo Produk dan Bazar. Event ini diharapkan mampu meningkatkan daya jual produk UMKM Nahdliyin, guna mewujudkan kemandirian ekonomi organisasi.

Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Comal tengah mengadakan bazar Expo Produk dan Bazar UMKM Nahdliyin di Bumdesma Mandiri Sejahtera. Event ini dibuka sore tadi, Jumat 25 Maret 2022, oleh Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat.

Ratusan produk UMKM pengurus Ranting serta MWC NU Kecamatan Comal dijajakan dalam bazar ini. Mulai dari jajanan tradisional dan modern, makanan ringan, pakaian, souvenir, lukisan, otomotif, hingga perlengkapan sholat macam tasbih.

“Ada sekitar 100 produk dengan 30 stand (booth) yang dibuka, diantaranya dari ranting 21 booth ditambah MWC dan PAC.” tutur Kurdi DW, Ketua MWC NU Comal.

Dituturkan Kurdi, expo produk dan bazar UMKM nahdliyin ini bertujuan untuk mengekspos berbagai produk buatan pengurus Ranting maupun MWC NU Comal. Harapannya, produk mereka akan berkembang dan daya jual pun meningkat.

“Sehingga organisasi kami tidak hanya organisasi keagamaan, tapi juga membidangi perekonomian, dalam kemandirian ekonomi,” jelasnya.

Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menilai kegiatan ini sangat positif guna menggeliatkan UMKM di Kecamatan Comal. Dengan geliatnya UMKM, kata Mansur, maka membantu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pemalang.

“NU harus bisa mandiri terkait ekonomi organisasinya. Ini masing-masing ranting ada usahanya, artinya keuntungan itu bisa dishare untuk pengelola dan untuk organisasi. Organisasi butuh darah atau uang, yaitu dari usaha-usaha ini,” jelasnya.

Seusai membuka bazar, Mansur Hidayat juga menyempatkan meninjau seluruh stand yang ada, didampingi istrinya yang juga Ketua TP-PKK Pemalang, Shanti Rosalia. Ia memborong dan mencicipi produk kuliner buatan warga nahdliyin.

“Mungkin yang perlu saya usulkan, kemasannya perlu dipercantik ya. Karena dengan barang yang sama, tapi kemasannya berbeda (lebih bagus) harganya bisa lebih tinggi, hanya dengan kemasannya saja.” ungkap Mansur.

Dalam pantauan Puskapik.com, acara expo produk dan bazar UMKM nahdliyin Comal itu makin ramai dikunjungi warga memasuki waktu sore. Diketahui, Expo Produk dan Bazar UMKM Nahdliyin Comal ini digelar selama tiga hari kedepan.

Acara ini juga bakal diisi dengan Festival Da’iyah Fatayat NU Comal. Kemudian lomba mewarnai siswa RA, TK, KB, Muslimat NU Comal serta pengajian umum dengan pembicara Gus Taj Yasin Maimoen (Wakil Gubernur Jawa Tengah), Sabtu 26 Maret 2022.

Puncaknya, Minggu 27 Maret 2022, diadakan jalan sehat badan otonom (Banom) NU se-Kecamatan Comal dengan doorprize menarik.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini