Ratusan Pelaku UMKM Perikanan di Pemalang Terima Sertifikat KKP RI

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia berkunjung ke Kabupaten Pemalang. Ratusan pelaku UMKM perikanan menerima sertifikat cara penanganan ikan yang baik dari Kepala BKIPM KKP RI.

Kunjungan kerja (Kunker) KKP RI bersama Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) di Kabupaten Pemalang ini difokuskan di pantai Jaka Tingkir Desa Nyamplung Sari, Kecamatan Petarukan, Selasa 22 Maret 2022.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP RI, Hari Maryadi, menjelaskan, kegiatan kunker ini dilaksanakan dalam rangka pemberian sertifikat cara penanganan ikan yang baik kepada 247 pelaku usaha perikanan.

keuntungan mendapatkan sertifikasi, kata Hari, salah satunya untuk meningkatkan kepercayaan terhadap pasar bahwa produk perikanan Kabupaten Pemalang langsung dapat dipasarkan melalui supplier baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Tidak perlu dilakukan survei dan sampling karena penerima sertifikasi telah mendapatkan pendampingan budidaya mulai sejak awal hingga panen,” ungkapnya.

Kunker ini juga bentuk pengakuan pemerintah kepada PTPN yang telah mengikuti kegiatan cara menangani ikan yang baik, penerapan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan pada UMKM untuk peningkatan ekspor, sekaligus launching kampung kepiting.

“Penanganan ikan dengan baik, dalam hal ini budidaya, bertujuan untuk peningkatan kualitas produk perikanan dan mampu diterima konsumen baik dalam negeri maupun luar negeri melalui ekspor” jelas Hari Maryadi.

Ketua RKIH, Kris Budiharjo, mengatakan, ini adalah kali pertama program tersebut dilakukan dengan button up (dari bawah ke atas). kegiatan ini akan dirangkai dengan penandatangan kesepakatan antara investor dengan petani tambak.

“Berkaitan dengan sertifikasi, ini menjukkan layak atau tidaknya hasil produksi perikanan dan selanjutya petani tambak bisa berhubungan dengan eksportir untuk memasarkan hasil perikanan,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, menyambut positif dan mengapresiasi KKP RI serta RKIH atas pemberian sertifikat kepada UMKM perikanan di Kabupaten Pemalang.

Mukti Agung Wibowo berharap, sertifikasi ini dapat meningkatkan mutu perikanan, sehingga hasil ikan di kabupaten Pemalang untuk turut berpartisipasi ekspor dengan maksimal.

“Kami, akan terus support, apa yang dibutuhkan UMKM akan kita dorong” tegasnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini