BNPB Imbau Pemda Siaga Hadapi Hujan Deras hingga Februari

Advertisement

JAKARTA (PUSKAPIK) – Seluruh pemerintah daerah (pemda) di Indonesia diminta terus siap siaga menghadapi setiap potensi bencana di wilayahnya. Curah hujan tinggi diprediksi akan berlangsung hingga Februari nanti.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo Doni di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/1/2019). “Presiden jelaskan kembali kepada kami untuk sampaikan pesan kepada seluruh pemda agar kolaborasi pusat-daerah dan didukung TNI-Polri serta relawan hendaknya menjadi kekuatan yang bisa lakukan berbagai upaya pencegahan, mitigasi, dan ketika terjadi keadaan darurat bisa meminimalisasi korban,” katanya.

BNPB menyebut Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan area yang memiliki risiko dampak banjir. Karena itu, warga di sekitar DAS harus mulai melakukan langkah-langkah evakuasi jika nanti benar-benar bencana terjadi.

“Kami harap ketegasan pimpinan daerah sampai kepala desa atau lurah agar mampu ingatkan masyarakat tidak berada di tempat berisiko. Karena bisa saja hujan tidak terjadi di tempat mereka, tapi di hulu. Dalam waktu tak lama air bisa mengalir deras ke lokasi yang menjadi tempat hunian masyarakat, terutama di daerah rendah,” ujarnya.

Bagi warga yang tinggal di lokasi yang dulu pernah menjadi tempat air untuk waspada. Misalnya perumahan yang sebelumnya merupakan lokasi timbunan air atau dataran rendah.

“Ikuti informasi BMKG, dan pemda harus koordinasi dengan kepala BMKG daerah untuk dapatkan informasi aktual dan salurkan kepada masyarakat. Kawan-kawan media rajin beritakan potensi banjir di daerah mana dan imbauan bentuk grup WhatsApp yang kiranya bisa berikan informasi hingga tingkat keluarga,” katanya. (FM)

Bagikan :
Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!