Menuju 1 Abad PSHT, Ratusan Pendekar Jateng Barat Bertarung di Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan pendekar Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) wilayah Jateng barat bertanding dalam ajang SH Terate Cup di Kabupaten Pemalang. Mereka yang lolos dalam kompetisi ini bakal bertanding di pusat, dalam puncak peringatan ulang tahun PSHT ke-100.

SH Terate Cup wilayah Jateng barat ini digelar di gedung Cahaya Abadi Farm, Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Kompetisi itu dibuka oleh anggota dewan PSHT Pusat, Andreas Eka Sakti Yuniawan, Sabtu 12 Maret 2022.

“Selama matahari masih bersinar, selama bumi masih dihuni manusia, selama itu pula persaudaraan setia hati terate tetap jaya, kekal abadi selama-lamanya. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim PSHT Cup Jateng barat dibuka.” ujarnya.

Diketahui, PSHT Cup Jateng barat ini merupakan rangkaian kegiatan menjelang ulang tahun PSHT ke-100 pada 2 September 2022 mendatang. Kompetisi ini diikuti ratusan pendekar PSHT dari eks-karesidenan Kedu, Pekalongan, dan Banyumas (Dulongmas).

“Tiga karesidenan ini meliputi 19 kontingen, nanti yang lolos disini akan berlaga di Madiun untuk acara puncak ulang tahun PSHT ke-100. Ini pesertanya kurang lebih 130 orang,” tutur Muzaki, Ketua Panitia PSHT Cup Jateng barat.

Digelar selama 3 hari sejak tanggal 11 sampai dengan 13 Maret 2022, kompetisi ini hanya diikuti pendekar dewasa. Ada 4 kelas yang dipertandingkan, diantaranya kelas laki-laki meliputi laga dan seni, serta kelas perempuan laga dan seni.

“Peraturannya menggunakan peraturan SH Terate,” kata pria yang juga menjabat Ketua IPSI Pemalang itu.

Ketua PSHT Pemalang, Slamet Effendi, menyambut baik ditunjuknya Kabupaten Pemalang sebagai tuan rumah PSHT Cup Jateng barat setelah Jateng timur digelar di Solo. Slamet menuturkan, selain menjadi tuan rumah kompetisi nantinya PSHT Pemalang juga bakal menggelar kegiatan sosial.

“Nanti tanggal 20 Maret kita bakal menggelar donor darah bekerjasama dengan PMI, target sekurang-kurangnya 200 kantong darah. Kemudian untuk vaksinasi kita bekerjasama dengan Polres, targetnya 1000 orang,” jelasnya.

Slamet Effendi menuturkan, kegiatan donor darah dan vaksinasi itu merupakan wujud pengabdian PSHT kepada masyarakat Kabupaten Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Redaktur : Embong Riyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini