Ini Enam Manfaat Pil KB yang Wajib Diketahui Perempuan

0
Pil KB memiliki banyak manfaat bagi perempuan yang sedang menjalankan program KB. FOTO/ALODOKTER

JAKARTA (PUSKAPIK) – Membentuk sebuah keluarga yang ideal membutuhkan sebuah perencanaan yang matang. Salah satunya dengan mengatur jarak kehamilan agar anak-anak yang dilahirkan mendapatkan kasih sayang cukup dan pendidikan bermutu tinggi.

Untuk mendukung mewujudkannya, saat ini tersedia beragam metode kontrasepsi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun terkadang, perempuan bingung dalam menentukan jenis kontrasepsi yang cocok karena terpapar informasi yang kurang tepat terkait efek-efek yang ditimbulkan.

Misalnya pil KB yang mitosnya bisa menimbulkan efek kegemukan. Padahal pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang bisa memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan bagi seorang Ibu.

Pil KB menjadi salah satu metode perencanaan keluarga yang favorit bagi banyak perempuan di Indonesia. Lebih dari 24% perempuan Indonesia memilih pil KB untuk menjaga jarak atau menunda kehamilan mereka. Lantas, apa saja keunggulan dari pil KB?

Berikut ini manfaat pil KB menurut dr. Matthew Simangunsong, Sp.OG dalam keterangan persnya kepada media:

1. Efektif untuk menunda kehamilan apabila diminum secara teratur setiap hari, pada jam yang sama, dengan tingkat efektivitas 99%.

2. Mengkonsumsi pil KB membantu mengurangi jumlah darah haid sehingga mengurangi resiko anemia.

3. Menyeimbangkan hormon, sehingga membantu menstruasi menjadi teratur.

4. Mengurangi risiko kanker ovarium. Sebuah riset terbaru yang dilakukan dengan melakukan kroscek data kesehatan terhadap 1,9 juta perempuan berumur 19 hingga 49 tahun, menemukan bahwa penggunaan pil KB kombinasi yang memiliki kandungan hormon estrogen dan progesteron dapat mengurangi risiko kanker ovarium sebesar 21%.

5. Mengembalikan kesuburan dengan cepat, apabila ibu berhenti mengonsumsinya karena ingin hamil kembali.

6. Pil KB saat ini memiliki kandungan hormonal yang rendah serta diciptakan dengan nilai lebih, salah satunya seperti memiliki kandungan zat besi. Zat besi diperlukan untuk mengurangi risiko anemia pada perempuan, terutama pada saat menstruasi. (FM)