Transformasi Digital Nasional, Kemenko Polhukam atasi Blank Spot di Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI turun ke Kabupaten Pemalang Jawa Tengah untuk mengatasi blank spot. Penanganan blank spot ini merupakan upaya terwujudnya transformasi digital nasional.

Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika Kemenko Polhukam, Marsma TNI Dr. Sigit Priyono, bersama operator seluler bertemu Bupati Pemalang, Mukti Agung wibowo, Rabu 23 Februari 2022.

“Alhamdulilah kami mendapat dukungan dari Kemenkominfo dan Kemenko Polhukam dalam rangka survey lapangan langsung, berkaitan dengan (penanganan) blank spot” ujar Bupati Mukti Agung Wibowo.

Bupati Mukti Agung menuturkan, ada sekitar 17 desa di Kabupaten Pemalang yang mengalami blank spot, mayoritas di wilayah selatan (punggung). Penyebabnya, adalah kondisi geografis wilayah tersebut yang berada ditengah perbukitan.

“Targetnya tahun ini kita bisa menyelesaikan permasalahan ini (blank spot),” terang Bupati.

Dikatakan Bupati Mukti Agung, pemetaan permasalahan blank spot ini sudah dilaksanakan. Kemenko Polhukam bersama para operator seluler bakal melaksanakan survey lebih lanjut dalam upaya penanganan blank spot ini.

“Ini nanti dilihat lebih lanjut, karena untuk mengatasi permasalahan ini juga dibutuhkan investasi yang cukup besar, adanya tower-tower membutuhkan energi listrik, dan keamanan dari pencurian-pencurian (alat),” tegasnya.

Sementara itu Asisten Deputi Koordinasi Telekomunikasi dan Informatika Kemenko Polhukam, Marsma TNI Dr. Sigit Priyono, mengatakan, langkah penanganan blank spot ini adalah upaya mendukung transformasi digital nasional.

“Transformasi digital nasional terwujud apabila terjadi satu transformasi digital di daerah, salah satu indikator kendalanya memang adanya blank spot atau blank service area tersebut,” tuturnya.

Dikatakan Sigit, apabila ada pembangunan 1% (satu persen) pembangunan teledensitas, maka bisa menaikan 3% (tiga persen) nilai ekonomi. Maka dari itu blank spot di daerah-daerah harus ditangani.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini