Dialihkan Tunai Lewat POS, Begini Pencairan BPNT di Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – PT POS Indonesia ditunjuk Kemensos RI untuk menyalurkan bantuan pangan non-tunai (BPNT) periode Januari – Maret 2022 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dalam bentuk tunai. Di Kabupaten Pemalang pencairan bakal dilaksanakan secara terjadwal di balai desa setempat mulai besok.

Kementerian Sosial RI belum lama ini menunjuk PT POS Indonesia untuk menyalurkan BPNT kepada KPM di seluruh Indonesia. Berbeda dengan sebelumnya, dalam kebijakan ini program bantuan non-tunai itu diubah menjadi bentuk tunai.

Bahkan hari ini, Senin 21 Februari 2022, di Kabupaten Pemalang kebijakan tersebut sudah dilaunching dengan pencairan BPNT sebanyak 50 KPM di Kelurahan Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang, oleh petugas POS Indonesia.

“Hari ini sudah kita launching, penyaluran secara door to door (rumah ke rumah) yang posisinya dekat dengan kantor POS yaitu Kelurahan Mulyoharjo,” tutur Muhammad Abdul Faisal, IMKC Kantor POS cabang Pemalang.

Faisal menuturkan, sejauh ini pihaknya sudah menerima data KPM di Kabupaten Pemalang sejumlah 67.930. Dalam pencairan ini, para KPM bakal menerima bantuan 3 bulan sekaligus (Januari-Maret 2022) dengan nominal Rp 600 Ribu.

Tak hanya door to door, pencairan juga dilakukan melalui komunitas atau pembagian langsung kepada KPM di balai desa setempat. Faisal menegaskan, pihaknya sudah memperhitungkan secara matang metode penyaluran bantuan yang digunakan.

“Karena keterbatasan waktu yang harus kita selesaikan, ada opsi yang kedua yaitu secara komunitas di kelurahan (balai desa/kelurahan) dengan terjadwal, nanti per-RT atau per-RW. Jadwalnya sudah kita siapkan, mulai besok (22 Februari 2022)” kata Faisal.

Dengan jadwal terperinci, tutur Faisal, nantinya KPM yang datang bakal mengantre dengan penerapan protokol kesehatan menjaga jarak. “Selama 10 menit, 30 orang yang kita layani, setelah itu harus wajib pulang, tidak boleh berkerumun,” jelasnya.

Kabupaten Pemalang sendiri pernah menjadi piloting project (uji coba) pencairan BPNT dalam bentuk tunai pada Rabu 12 Mei 2021 lalu. Total ada 10 KPM di Kelurahan Mulyoharjo yang menerima pencairan BPNT dalam bentuk tunai dan diantarkan oleh petugas POS Indonesia cabang Pemalang.

Diberitakan sebelumnya, Senin 21 Februari 2022, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) triwulan awal 2022 di Kabupaten Pemalang bakal dicairkan dalam bentuk tunai melalui PT POS Indonesia. Ini adalah kali kedua kebijakan itu dilaksanakan di Kota Ikhlas, setelah sebelumnya diuji coba pada Mei 2021 lalu.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini