Dukung Program ‘Dedi’, Komunitas IT Randudongkal Pemalang Optimalkan SIDEKEM

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pegiat teknologi informasi (IT) di desa-desa Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang menggagas ‘Komunitas IT Desa’. Mereka akan mengoptimalkan aplikasi SIDEKEM untuk mendukung program unggulan desa digital (Dedi)

Perwakilan Komunitas IT Desa, Tulus Hardinastoto, menuturkan, komunitas ini beranggotakan perangkat desa atau admin desa di Kecamatan Randudongkal yang mengelola aplikasi Sistem Informasi Desa Kawasan Pemalang (SIDEKEM).

Nantinya Komunitas IT Desa itu akan berperan mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi SIDEKEM yang dibangun dan dikembangkan oleh Pusat Pemberdayaan Informatika Desa (PUSPINDES) Kabupaten Pemalang.

Pengoptimalan aplikasi SIDEKEM ini, kata Tulus, tentunya akan mempermudah Pemerintah Desa (Pemdes) dalam menjalankan tugasnya, memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta penyampaian informasi terkait Desa.

Misalnya, Pemdes dapat menyediakan layanan surat keterangan atau surat pengantar secara Online kepada warga, penyimpanan data penduduk beserta atribut-atributnya lebih efektif, dan mempermudah Pemdes memilah data penduduk secara akurat.

“Dengan memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria, sehingga Pemdes bisa menargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran,” tutur Tulus, Jumat 4 Februari 2022.

Kemudian, masih kata Tulus, Komunitas IT Desa ini juga akan membangun Pemerintah Desa yang lebih transparan. Mereka akan mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan dan diakses warga di desa-desa.

“Melalui pengoptimalan SIDEKEM, Pemdes bisa mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi itu di website desa, atau akun media sosial desa seperti facebook, twitter, Instagram dan Infografis, media cetak,” katanya.

Tulus yakin, nantinya Pemdes bisa memberikan pelayanan terbaik kepada warga desa. Tak hanya itu, dengan dipermudahnya memperoleh informasi maka warga masyarakat di Kecamata  Randudongkal juga bisa berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa.

“Desa atau Pemerintah Desa juga bisa mewujudkan Visi-Misi dari Pemerintah Kabupaten Pemalang saat ini adalah Mewujudkan Pemalang Desa Digital (DeDI)” ujarnya.

Camat Randudongkal, Ahmady Stiawan, turut mendukung Komunitas IT Desa yang digagas para pegiat IT di wilayahnya. Ahmady berharap mereka juga mampu menginventarisir masalah IT yang ada di Desa.

“Kedepannya melalui Komunitas IT Desa/Pegiat IT, Desa harus bisa membenahi dan memetakan serta membuat DIM tentang permasalahan jaringan infrastruktur IT Desa,” jelasnya.

Melalui pemetaan permasalahan jaringan infrastruktur IT, kata Ahmady, diharapkan tak ada lagi ‘blank spot’ di desa-desa Kecamatan Randudongkal. Selain itu, Komunitas IT Desa juga bisa menjadi media belajar antar desa untuk meningkatkan SDM, kelembagaan, serta kualitas sistem Pemerintahan Desa.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini