DPR RI FPDIP, Dewi Aryani : Kepala Daerah Harus Proaktif Monitor Formasi PPPK Guru

0

PUSKAPIK.COM, Tegal – Kepala daerah Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes diminta proaktif memonitor formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk para guru honorer di wilayahnya masing-masing. Ini disampaikan Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil IX Jawa Tengah, Dr. Dewi Aryani, Minggu 30 Januari 2022.

Pernyataan Dewi Aryani tersebut merupakan kelanjutan komitmennya dalam mengawal perjuangan guru honorer di Daerah Pemilihannya (Dapil). Sebelumnya, Forum Persatuan Guru Honorer Kabupaten Tegal sempat melakukan audiensi di rumah aspirasi Dewi Aryani di pantura Tegal.

Para guru juga sempat melakukan pertemuan dengan beberapa pihak terkait di Jakarta, untuk memperjuangkan statusnya.

Menurur DeAr, sapaan akrab Dewi Aryani, ada perkembangan informasi mengenai formasi guru honorer, antara lain Mendikbudristek menyatakan telah menyiapkan satu juta formasi untuk guru honorer.

“Namun sampai saat ini baru sekitar 506.252 yang di ajukan oleh pemda seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut ada pelamar sekitar 388.313 dan dinyatakan lulus passing grade sebanyak 388.313 orang,” kata DeAr.

Dewi berharap Pemda segera melakukan monitor dan koordinasi intensif mengenai hal ini dan mendorong untuk proaktif dalam pengajuan formasi di wilayahnya masing-masing.

“Apapun perkembangan yang ada di pusat harus selalu di monitor pemerintah daerah termasuk dalam melakukan koordinasi dengan para guru honorer,” ujar Politikus yang rajin turun ke masyarakat itu.

DeAr juga berharap agar pemerintah pusat segera memberikan kepastian dibukanya kembali formasi baru agar Pemda dapat segera melakukan pengajuan dan optimalisasi.

“Guru adalah salah satu tiang utama kekuatan dan kedaulatan bangsa ini, tanpa guru tidak akan bisa bangsa ini mencetak generasi penerus yang bermutu dan berkualitas. Karenanya perhatian pemerintah pusat dan daerah untuk para guru di harapkan maksimal,” ungkapnya.

Menurut DeAr, guru juga berhak atas status layak, upah layak dan hidup layak.  Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tegal juga akan mengawal perjuangan para guru honorer.

“Dijadwalkan Senin 31 januari 2022 pimpinan fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tegal,Nursidik, bersama wakil ketua DPRD fraksi PDI Perjuangan Rustoyo akan menerima perwakilan para guru honorer dalam audiensi,” tandas Dewi Aryani.

Kontributor : Wijayanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini