Duh, Vaksinasi Covid-19 di Pemalang Ranking Terakhir Jawa Tengah

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Capaian vaksinasi Covid-19 Kabupaten Pemalang menjadi catatan khusus pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Rupanya, saat ini capaian vaksinasi ‘Kota Ikhlas’ berada di ranking terakhir.

Itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, dr Yulianto Prabowo. Dia menyebut, ada 3 daerah di Jawa Tengah yang capaian vaksinasinya belum menginjak 70 persen.

“Ada 3 di Jateng yang menjadi catatan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.” tuturnya, Selasa 18 Januari 2022.

Masih soal capaian vaksinasi Covid-19, selain masuk dalam 3 daerah yang menjadi catatan Pemprov Jateng, belakangan juga diketahui Kabupaten Pemalang duduk di ranking terakhir.

“Khusus untuk Pemalang (capaian vaksinasi) berada di posisi 35 dari 35 Kabupaten/Kota di Jateng.” tutur Yulianto Prabowo.

Mengenai hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, dr Yulies Nuraya, beralasan, rendahnya capaian vaksinasi di wilayahnya disebabkan adanya perbedaan data.

“Jika rujukannya adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan) maka sudah 82 persen untuk dosis satu. Tapi dilihat dari P-Care baru mencapai 68 persen.” jelasnya.

Perbedaan angka vaksinasi antara basis data NIK dan P-Care tersebut, kata Yulies, disebabkan banyak warga Kabupaten Pemalang yang mengikuti vaksinasi di luar wilayah.

“Ada selisih angka memang di P-Care, ini terjadi karena warga vaksin di luar kota. Sedangkan data yang dipakai berdasarkan P-Care,” tuturnya.

Yulies menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Pemalang bersama TNI-POLRI tengah gencar melaksanakan vaksinasi di wilayahnya. Terutama, di Kecamatan Taman dan Kecamatan Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini