Bangun Jaringan Air Bersih di Pulosari, Perumda Gelar Konsultasi Publik

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang menggelar konsultasi publik pembangunan jaringan air bersih untuk Kecamatan Pulosari. Kegiatan ini menjadi tahapan penyusunan AMDAL.

Direktur Teknik Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang, Djulianto, mengatakan, kini upaya pemerintah menyediakan kebutuhan air bersih di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, sudah menemui titik terang.

Nantinya kebutuhan air bersih di wilayah tertinggi (pegunungan) Kabupaten Pemalang itu disuplai dari mata air Lember atau Lembeyan di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Kemudian, untuk bak reservoir air bersih dari mata air Lember atau Lembeyan itu nantinya berada di Desa Batursari Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Saat ini rencana pembangunan jaringan air bersih ini memasuki proses penyusunan analisis dampak lingkungan (AMDAL). Sebagai tahapan penyusunannya, Perumda Air Minum Tirta Mulia juga sudah menggelar konsultasi publik.

Konsultasi publik itu digelar di Baturaden, Sabtu 15 Januari 2022 kemarin, mengundang berbagai pihak terkait dalam pembangunan jaringan air bersih ini. Mulai dari DLHK Propinsi Jawa Tengah, jajaran Pemerintah Kabupaten Banyumas, tokoh masyarakat, dan LSM.

“Respon dari Pemerintah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga dan KPH Perhutani Banyumas Timur, serta masyarakat sekitar sumber mata air dan masyarakat yang dilalui jaringan pipa, mendukung penuh adanya pembangungan ini. Kami sangat berterima kasih,” tutur Djulianto, Senin 17 Januari 2022.

Seperti diketahui, selama ini wilayah Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang yang terdiri dari 12 Desa kesulitan mendapatkan kebutuhan air bersih. Saat musim kemarau, kebutuhan air bersih disana harus dikirim (droping) menggunakan tangki.

Sebagai informasi, Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang sudah melaksanakan MoU dengan KPH Banyumas Timur terkait pemanfaatan mata air Lember untuk penyediaan kebutuhan air bersih di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang.

Penandatanganan MoU itu dilaksanakan Kamis 19 Agustus 2021,  antara Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, Slamet Effendi dengan Kepala Administrator KPH Banyumas Timur, Cecep Hermawan.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini