Pemalang Panaskan Seri Pertama Kejurda Offroad 2020

0
Pembalap offroad berjibaku menaklukan ekstremnya lintasan offroad. (Foto: Puskapik/dok.Rinspeedway)

PEMALANG (PUSKAPIK) – Sirkuit Bukit Benowo Park Desa Penggarit, Pemalang, akan mengawali gelaran Kejuaraan Daerah (Kejurda) Racing Adventure Offroad, Propinsi Jawa Tengah di tahun 2020. Tak hanya diikuti offroader Jawa Tengah, gelaran even bertajuk “Pemalang Soda Racing” ini juga akan diikuti pembalap offroad se tanah air.

Tiga kelas utama yang akan dipertandingkan saat gelaran Pemalang Soda Racing yaitu 1.000cc, under 2.500cc dan upper 2.501cc. Sedangkan perhitungan untuk Kejurda akan terbagi lima kelas sesuai spesifikasi kendaraan.

“Lima kelas untuk Kejurda akan dihitung poin sesuai spesifikasi kendaraan. Dari 1.000cc standar, 1.000cc modifikasi, under, upper dan FFA,” papar Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Indonesian Offroad Federation (IOF) Jawa Tengah, Arya Kusuma, Kamis (2/1/2020).

IOF Jawa Tengah masih menurut Arya, rencananya akan menggelar tiga hingga empat seri even Kejurda Racing Adventure Offroad. “Untuk seri pertama di Pemalang, seri selanjutnya ada di kota mana saja masih dalam pembahasan. Pemenang Kejurda nanti akan jadi wakil Jawa Tengah untuk mengikuti Kejuaraan Nasional,” imbuhnya.

Bupati Pemalang, H. Junaedi, SH menyambut positif rencana digelarnya even Kejurda Racing Adventure Offroad di Kota Ikhlas. “Kita punya wilayah yang luas dan medan offroad yang cukup bersyarat. Jangankan kejuaraan daerah, kejuaraan nasional pun saya kira Pemalang sangat siap,” ujar Junaedi.

Junaedi menyebutkan, wilayahnya yang terdiri dari daratan dan pegunungan, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi memiliki banyak lokasi potensial untuk penyelenggaraan offroad tersebut.

“Pemalang punya potensi yang cukup bagus, apalagi banyaknya tempat wisata yang akan menjadi tujuan dari para pecinta offroad,” imbuhnya.

Pemalang Soda Racing akan digelar 18-19 Januari 2020. Even olahraga ektrim ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke 445. (KN)