400 Personel Gabungan Siap Amankan Nataru di Pemalang

0
Personel kepolisian sedang menyemprot dan memeriksa geraja di Pemalang. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sebanyak 400 personel gabungan Polri, TNI dan instansi terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Candi 2021 di Alun-Alun Kabupaten Pemalang, Kamis, 23 Desember 2021. Apel untuk memastikan kesiapan petugas dalam menjamin keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Secara sinergis, Polres Pemalang bersama Kodim dan pemerintah daerah menjamin keamanan ibadah Natal 2021 hingga malam pergantian tahun 2022,” kata Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo usai Apel Gelar Pasukan.

Ari mengungkapkan, melalui rapat koordinasi lintas sektoral bersama pengurus gereja dan FKUB, di Kabupaten Pemalang telah dibentuk Satgas Covid-19 Gereja. “Tentunya, ibadah dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan didahului dengan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat ibadah, terutama gereja,” katanya.

Dalam pengamanan libur Nataru, Ari mengatakan, Polres Pemalang telah menyiapkan dua pos pengamanan, yakni di Alun-Alun Kabupaten Pemalang dan Exit Tol Gandulan, Pemalang. “Pos pengamanan dan Pos Pelayanan dilengkapi dengan gerai vaksinasi dan sampling swab antigen,” katanya.

Selain menyiagakan personel di Pos Pengamanan, Kapolres mengungkapkan, Satgas Covid-19 Kabupaten Pemalang juga akan melaksanakan patroli serta imbauan prokes di objek wisata dan sejumlah titik yang berpotensi terjadinya kerumunan.

“Kami imbau pada seluruh komponen masyarakat, agar tidak menyelenggarakan kegiatan yang berpotensi kerumunan, konvoi, arak-arakan dan kembang api. “Hal tersebut dilakukan, untuk menekan penyebaran Covid-19 serta mencegah munculnya klaster baru di Kabupaten Pemalang,” kata Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengatakan, pemerintah daerah bersama instansi terkait akan mengoptimalkan PPKM skala Mikro hingga tingkat RT/RW. “Untuk mengantisipasi adanya pendatang yang terpapar, terutama yang berasal dari luar negeri, akan dilakukan pendataan oleh petugas di Posko PPKM skala mikro,” kata Bupati.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini