Warga Kota Tegal Sekarang Bisa Mencetak Adminduk Mandiri

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Tegal – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal me-lauching mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Rabu, 8 Desember 2021. Lauching dilakukan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono di Kecamatan Margadan agar lebih dekat dengan masyarakat.

Disdukcapil Kota Tegal sudah memasang ADM tersebut di Kecamatan Tegal Timur dan Margadana. Gerai ADM yang ditempatkan di Kantor Kecamatan Tegal Timur adalah hasil pemberian hibah dari Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri. Sedangkan satu unit lagi yang ditempatkan di Kantor Kecamatan Margadana adalah hasil pengadaan APBD 2021 Kota Tegal. Selain lauching, juga dipraktikan cara mencetak dokumen Adminduk yang dilakukan relawan.

“Kita sampel di 4 kecamatan dulu. Kalau pelayanannya bagus nanti di setiap kelurahan ada,” kata Dedy Yon Supriyono.

Dengan ADM, kata Dedy Yon, semua warga bisa mencetak Adminduk sendiri, mulai dari Kartu Indentitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, KTP el dan perubahan dokumen. Namun masyarakat harus mendaftarkan dahulu melalui aplikasi jakwire cetem. “Setelah mendapatkan PIN, maka bisa lansung dicetak, termasuk perubahan dokumen,” katanya.

Kepala Disdukcapil Kota Tegal Basuki menyampaikan, selain mesin ADM juga diresmikan sepeda motor roda tiga sejenis tosa atau viar yang akan digunakan untuk jemput bola perekaman e-KTP.

Dengan kehadiran sepeda motor roda tiga diharapkan akses pelayanan adminduk akan sampai ke rumah penduduk dan masuk gang sempit dengan sasaran warga sakit, disabel, dan warga yang tidak memiliki media sosial. Nantinya warga bisa call center atau hubungi relawan adminduk maka petugas siap hadir di tengah-tengah penduduk.

“Sehingga sasaran penduduk 5.250 yang belum memiliki e-KTP akan segera dituntaskan. Sehingga tahun 2022 diharapkan penduduk Kota Tegal sudah 100% memiliki KTP el semua dan agenda Pilpres atau Pilkada bisa lancar dan sukses,” katanya.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!