Pemalang Job Fair Virtual 2021 Tawarkan Belasan Ribu Lowongan Kerja

0
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat membuka Pemalang Job Fair Virtual 2021 di gedung PGRI Pemalang, Selasa, 30 November 2021. FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemalang menggelar job fair virtual, 29-30 November 2021. Ada puluhan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan mampu menyerap belasan ribu tenaga kerja.

Kepala Disnaker Pemalang Mohammad Sidik mengatakan pameran kerja virtual yang dibuka Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo merupakan langkah untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pemalang.

“Kita berikan informasi kepada pencari kerja, terkait lowongan kerja yang ada,” katanya, Selasa, 30 November 2021.

Dalam Pemalang Job Fair Virtual 2021, kata Sidik, ada puluhan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan mampu menyerap belasan tenaga kerja.

Puluhan perusahaan itu berlokasi di Pemalang, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. “Total ada 34 perusahaan. Di antaranya 24 perusahaan hadir secara fisik di gedung PGRI dan 14 secara online,” katanya.

Dari 34 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, jelas Sidik, mampu menyerap 14.000 tenaga kerja. Lowongan kerja, mayoritas datang dari perusahaan garmen.

Para pencari kerja, tutur Sidik, tak hanya warga yang berdomisili di Kabupaten Pemalang. Namun, juga warga Pemalang yang berada di perantauan. “Baik di Pulau Jawa maupun di luar, ada yang dari Kalimantan dan Medan. Pokoknya orang Pemalang yang punya AK1 di mana pun mereka berada,” kata Sidik.

Saat membuka Job Fair Virtual 2021, Senin, 29 November 2021, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo berharap, fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pencari kerja di Pemalang.

Menurutnya, pada 2021 terjadi lonjakan angka pengangguran terbuka di Pemalang sebesar 43.288 sekitar 6,71% dari jumlah angkatan kerja sebanyak 645.103. Angka pengangguran terbuka ini naik dari tahun lalu sekitar 6,5%.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan menyerap tenaga kerja sebanyak mungkin sehingga sedikit demi pengangguran di Kabupaten Pemalang akan dapat teratasi,” katanya.

Bagi pencari kerja yang ingin mendaftar Pemalang Job Fair Virtual 2021 ini, bisa mengakses melalui http://jobfairvirtual.id/.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini