Banjir Rob Genangi Wilayah Pesisir Brebes

0
Banjir rob hari ini kembali menerjang di beberapa desa di wilayah pesisir utara Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. FOTO/PUSKAPIK/FAHRI LATIEF

PUSKAPIK.COM, Brebes – Banjir rob hari ini kembali menerjang di beberapa desa di wilayah pesisir utara Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Banjir rob kali ini terparah selama November 2021.

Desa di kawasan pesisir yang tergenang rob adalah Randusanga Kulon, Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes, Desa Prapag Lor dan Prapag Kidul Kecamatan Losari. Wilayah Desa Randusanga Kulon merupakan yang terparah terdampak rob.

Salah seorang warga Desa Randusanga Kulon, Slamet Maryoko mengatakan, air rob mulai memasuki rumah dan sejumlah ruas jalan desa, sejak pukul 04.00 WIB, baik di Desa Randusanga Kulon maupun Desa Randusanga Wetan.

“Banjir rob mulai masuk menggenangi sekitar jam 4 pagi hari ini terparah dibandingkan banjir rob rob sebelumnya. Banjir rob di Desa Randusanga Kulon saja masuk ke dalam rumah-rumah warga yang sebelumnya tidak pernah masuk,” katanya, Selasa, 30 November 2021.

Slamet menambahkan, di Desa Randusanga Kulon wilayah terparah berada di lingkungan RW 01 dan RW 02. Di mana mayoritas rumah warga terendam air laut.

“Banjir rob terparah kali ini terjadi di lingkungan saya, kami mohon pemerintah bisa mendirikan dapur umum, karena saat ini warga kesulitan memasak akibat dapur rumahnya tergenang air rob,” katanya.

Sementara di Kecamatan Losari ada 2 Desa yang terendam banjir rob, Desa Prapag Kidul dan Desa Prapag Lor. Air rob masuk ke wilayah pesisir itu sejak pukul 05.00 WIB. Di desa ini air rob menggenangi jalan kabupaten yang baru saja dibangun dengan cor beton. Rumah warga pun ikut tergenang di Desa Prapag Lor.

“Banjir rob kali ini terparah, pasalnya jalan kabupaten yang sudah ditinggikan saja tergenang, kami berharap Pemerintah Pusat bisa membuat tanggul penahan rob di sepanjang pesisir Kabupaten Brebes,” katanya.

Sementara itu, menurut Muhaimin Primawan, warga Desa Prapag Kidul mengatakan, banjir rob kali ini cukup parah karena menggenangi jalan dan perumahan warga di kampung nelayan Desa Prapag Kidul.

“Banjir rob kali ini menggenangi rumah pemukiman warga padat penduduk di kampung nelayan, selain itu jalan jalan pemukiman juga tergenang,” katanya.

Kepala BPBD Brebes, Nuhsy Mansur mengatakan, banjir di pesisir utara ini mulai masuk Selasa pagi. Tidak hanya jalan, rumah rumah warga juga ada yang tergenang.

“Ada beberapa desa di pesisir yang terkena rob. Tapi yang parah di Randusanga Kulon. Ketinggian air di desa ini mencapai 40 cm.

“Ada beberapa RT fi RW 1,2,4 dan 5 yang tergenang,” katanya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini