Ikatan Alumni SMA 1 Kota Tegal Gelar Baksos dan Tanam Bibit Pohon Cemara Laut

0
Ketum IKASMA Tafakurrozak dan Ketua Panitia MUBES VII IKASMA, Andi Ridwan, saat melakukan penanaman bibit pohon Cemara Laut di Pantai Muarareja, Sabtu pagi, 27 November 2021. FOTO/PUSKAPIK/SAKTI RAMADHAN

PUSKAPIK.COM, Tegal – Ratusan pesepeda di Kota Tegal mengikuti gowes santai yang diselenggarakan Ikatan Alumni SMA 1 (IKASMA) Kota Tegal, Sabtu pagi, 27 November 2021. Gowes yang mengambil start dari GOR Wisanggeni Kota Tegal dan finish di Pantai Muara Reja Kota Tegal tersebut merupakan rangkaian penyelenggaraan Musyawarah Besar (MUBES) VII IKASMA tahun 2021.

“Semua peserta wajib patuhi prokes, karena kegiatan gowes ini sekaligus mengajak masyarakat patuh prokes dalam menanggulangi pandem Covid-19,” kata Ketua Umum IKASMA, Tafakurrozak, Sabtu pagi, 27 November 2021.

Tafakurrozak menambahkan, selain gowes, juga ada kegiatan bakti sosial pembagian 300 paket sembako gratis, hand sanitizer serta masker, kepada warga terdampak sekitar obyek wisata Pantai Muarareja dan Desa Wisata Kajongan serta warga terdampak bencana banjir di Kota Tegal.

“Untuk korban banjir di kota Tegal menjadi prioritas sasaran supaya dapat meringankan beban akibat bencana banjir. Sedangkan di desa wisata Kajongan dan pantai muarareja yg menjadi prioritas adalah masyarakat yg langsung terkena covid 19,” ujar Tafakurrozak.

Kegiatan lainnya adalah gerakan penanaman puluhan bibit pohon cemara laut di sepanjang bibir Pantai Muarareja. Selain untuk melestarikan alam, keberadaan pohon cemara laut kelak akan semakin memperindah suasana Pantai Muarareja.

“Guna mencegah abrasi pantai, kami juga rencana akan menanam sekitar 500 pohon bakau/mangrove. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana alam terutama adanya abrasi laut,” katanya.

Dipilihnya Pantai Muarareja sebagai pusat kegiatan bakti sosial IKASMA bertujuan untuk mengangkat potensi wisata Pantai Muarareja serta objek wisata pantai lainnya di Kota Tegal.

“Kami akan angkat potensi wisata pantai Muarareja dan lainnya,” katanya.

Ketua Panitia MUBES VII IKASMA 2021, Andi Ridwan menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan bakti sosial sebagai rangkaian MUBES VII IKASMA agar para alumni SMA 1 Kota Tegal yang tergabung dalam IKASMA dapat bermanfaat bagi warga Kota Tegal.

“Kami ingin berkontribusi langsung kepada masyarakat Kota Tegal,” kata Andi Ridwan Saidi.

MUBES VII IKASMA akan digelar tanggal 18 Desember 2021 di Jakarta, di Aula Sekjen Dewan Ketahanan Nasional, Kompleks Kantor Menkopolhukam Jalan Medan Merdeka Barat No 15 Jakarta Pusat.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini