Viral, Jalan Rusak Parah Mirip Sawah, Warga Pemalang Gotong-Royong

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Warga Desa Tegalsari Barat, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, bergotong-royong mengurug jalan lintas desa yang rusak parah hingga sempat viral di media sosial.

Aksi gotong-royong itu berlangsung pagi tadi, Minggu 21 November 2021, diikuti puluhan warga Desa Tegalsari Barat dari berbagai elemen dan salah satu anggota DPRD Pemalang.

Mereka meminimalisir kerusakan jalan yang menghubungkan Desa Kendalsari Kecamatan Petarukan dengan Desa Tegalsari Barat Kecamatan Ampelgading ini dengan urugan sirtu.

Aksi ini diinisiasi pengurus ranting dan fatayat NU (Nahdatul Ulama) Desa Tegalsari Barat dan didukung warga. Mereka bersama elemen masyarakat lainnya menggalang dana untuk membeli material urugan.


Warga desa Tegalsari Barat bergotong-royong mengurug jalan penghubung desa Tegalsari Barat – Kendalsari yang kondisinya rusak parah, Minggu pagi 21 November 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

Koordinator, Tarsilam, mengatakan, jalan penghubung desa yang menjadi akses sehari-hari warga Tegalsari Barat ini sudah lama rusak. Kini kondisinya makin parah saat musim hujan.

“Kemarin saat masih kemarau kita urug dengan material wadas, tapi saat hujan ternyata makin parah, jadi lumpur, sulit dilewati dan setiap hari yang lewat sini ada yang kepeleset,” terangnya.

Sejatinya, kata Tarsilam, jalan ini masuk dalam wilayah Desa Kendalsari. Namun, juga menjadi akses utama aktivitas sehari-hari warga Desa Tegalsari Barat.

Dari hasil galang dana, warga berhasil mendatangkan 13 truk urugan sirtu dan ditambah 5 truk dari pemdes Kendalsari untuk mengurug sepanjang jalan yang kondisinya rusak parah itu.

“Kegiatan ini merupakan aksi nyata, bukan sekedar protes. Nanti kedepannya terus kita kawal agar jalan ini bisa benar-benar dimanfaatkan, yang selama ini dikeluhkan,” ungkap Ahmad Syarifudin, Ketua Ranting Ansor Tegalsari Barat.

Sementara itu, Rismanto, anggota DPRD Pemalang yang turut berpartisipasi dalam aksi ini, mengapresiasi semangat gotong-royong warga. Dirinya juga mengetahui, kerusakan jalan itu sempat ramai di media sosial.

“Status jalan ini sudah positif status desa, pemerintah desa juga harus memikirkan untuk kedepannya,” ujar legislator partai Golkar itu.

Rismanto menegaskan, kedepan dirinya bakal berkomunikasi dengan wakil rakyat lainnya di dapil setempat, untuk memperjuangkan kelayakan jalan ini.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini