Kunjungi Pemalang, Wamenkes Dante Blusukan Temui Penderita Stunting di Kalirandu

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Wakil menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono meninjau evaluasi intervensi stunting di Kabupaten Pemalang, Selasa, 16 November 2021. Dia meminta keberadaan posyandu diperkuat.

Kunjungan Wamenkes di Kabupaten Pemalang, Selasa 16 November 2021, diawali dengam peninjauan fasilitas layanan kesehatan di Puskesmas Petarukan. Dia disambut langsung Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat didampingi jajaran Dinas Kesehatan, dan Forpimcam Petarukan.

Di Puskesmas Petarukan ini, Dante Saksono mengecek ruang rujukan balita stunting, meliputi alat ukur antropometri kit, data gizi, dan SOP rujukan.

Dante juga sempat menengok ruang persalinan di puskesmas tersebut dan berbincang-bincang menanyakan kondisi kesehatan serta perawatan bayi.

Usai dari Puskesmas Petarukan, kegiatan berlanjut ke Desa Kalirandu. Di sana Dante menemui salah satu anak penderita stunting dan mengecek kondisi rumahnya.

“Amanda ini masih dibawah grafik pertumbuhan, ini sebabnya tentu berbagai macam hal, tidak hanya spesifik bidang kesehatan, tapi juga sanitasi misalnya.”

“Tadi saya masuk ke rumahnya, ternyata cahaya mataharinya masih kurang, jendelanya kurang, kebersihannya juga antara dapur dan tempat berkumpul keluarga masih terbatas,” kata Dante.

Wamenkes lalu meninjau posyandu Desa Kalirandu dan mengecek fasilitas dan pelayanannya, mulai dari buku KIA, alat ukur antropometri, PMT gizi seimbang, hingga konseling PMBA.

“Kenapa hari ini saya datang langsung, supaya saya bisa melihat bagaimana kondisi yang diperlukan untuk perbaikan program stunting, antara lain penguatan posyandu,” kata Dante.

Petugas posyandu, sambung Dante, musti membaca buku kesehatan ibu dan anak (KIA) dan menimbang dengan cermat, sehingga mengidentifikasi stunting dengan cepat.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!