PT Cipta Orang Desa Luncurkan Koperasi Digital Berskala Nasional

0
Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat, bersama pengurus PT Cipta Orang Desa melaunching koperasi jasa cipta orang desa, di kantor wilayah B-Ter Jawa Tengah, Jalan Asoka 217 Desa Bantarbolang, Pemalang, Sabtu 13 November 2021. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – PT Cipta Orang Desa (COD) melaunching koperasi jasa cipta orang desa berbasis digital dan berskala nasional. Mereka optimistis bakal menjadi koperasi dengan anggota terbanyak di Indonesia.

Koperasi jasa cipta orang desa milik PT COD itu diluncurkan oleh Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat di Desa Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu, 13 November 2021.

Dalam kesempatan ini, PT COD meresmikan kantor wilayah start up ‘Belanja Terencana’ atau ‘B-Ter’ milik mereka di Jawa Tengah. Berlokasi di Jalan Asoka 217, Dusun Karangasem, Desa Bantarbolang.

Komisaris Utama PT COD, Budi Harmanto, mengatakan, saat ini ‘B-Ter’ sudah menginjak usia 4 tahun. Hingga kini, B-Ter sudah hampir memiliki 65.000 anggota di seluruh Indonesia.

“Kami sengaja mendirikan suatu sistem korporasi, yang tergabung dalam 3 sistem besar,” katanya.

Dalam hal ini, papar Budi, PT COD menggerakan koperasi jasa cipta orang desa. Koperasi berperan sebagai penampungan jasa keuangannya, dan objek yang digerakkan adalah start up ‘B-Ter’.

Ketua Koperasi Jasa Cipta Orang Desa, Septian Kurnia Armando mengatakan, dengan basis digital, maka ke depan koperasi yang dipimpinnya ini akan memberi warna baru.

“Dalam masa bakti kami 3 tahun ke depan, kami memiliki target menjadi koperasi nasional dengan jumlah anggota terbanyak di seluruh Indonesia, 1 juta anggota di tahun 2024,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat, memberikan apresiasi kepada PT COD. Koperasi ini diharapkan turut membantu peningkatan kemakmuran di Kabupaten Pemalang.

Mansur berpesan agar koperasi jasa cipta orang desa ini, nantinya dikelola dengan baik dan amanah oleh para pengurus.

“InsyaAllah dengan dikelola Pak Budi, Pak Ridwan, ini semakin besar. Saya doakan B-Ter dan koperasinya semakin jaya,” kata Mansur.

Terakhir, Kepala Diskoperindag Pemalang Hepi Priyanto berharap koperasi jasa cipta orang desa sesuai dengan ruh koperasi, yaitu mampu menyejahterakan anggotanya. Ia yakin hal itu dapat tercapai.

“Saya yakin, karena ini bukan perkoperasian yang didirikan tanpa kegiatan pasti. Ini tinggal dijalankan kelembagaannya,” kata Hepi Priyanto.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini