Rombongan Pegawai Setda Brebes Bintek ke Luar Kota saat PPKM Level 3

0
Kantor Setda Brebes terlihat sepi karena para pegawainya mengikuti Bintek di Kabupaten Karanganyar. Bintek di luar kota ini dilakukan pada masa PPKM Level 3. FOTO/PUSKAPIK/FAHRI LATIEF

PUSKAPIK.COM, Brebes – Pegawai Sekretariat Daerah (Setda) Brebes menggelar bimbingan teknis (Bintek) di luar kota pada masa PPKM Level 3. Kegiatan yang digelar di objek wisata The Lawu Park Kabupaten Karanganyar itu diikuti perwakilan seluruh Organisasi Perangat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Brebes.

Keterangan yang diperoleh menyebutkan, bintek dilaksanakan terkait peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), bagi admin aplikasi SIAPbang Bagian Pembangunan Setda Pemkab Brebes. Surat undangan dikeluarkan sesuai disposisi Bupati Brebes, pada nota dinas dari Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda, nomor 050/109/X2021 tanggal 21 Oktober 2021.

Dalam surat undangan itu, rombongan peserta bintek berangkat, Jumat, 12 November 2016, pukul 06.30 WIB dengan berkumpul terlebih dahulu di kompleks Islamic Center.

Sekda Pemkab Brebes, Joko Gunawan saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA), menyarankan untuk langsung menanyakan kepada bagian yang melaksanakan kegiatan tersebut. “Ke Mba Andri (Bagian Administrasj Pembangunan),” tulisnya di pesan WA sambil melampirkan nomor telepon.

Sementara itu, Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Administrasi Pembangunan Setda Pemkab Brebes Andriyani menjelaskan, bintek mendesak dilaksanakan seiring batas waktu akhir tahun, terkait update data dalam aplikasi SIAPbang.

“Bintek ini sangat penting terkait peningkatan kapasitas SDM. Selama ini tenaga teknis di semua OPD masih bongkar pasang. Sehingga banyak laporan kegiatan pembangunan belum di-upload,” katanya.

Terkait kondisi PPKM level 3, dia mengatakan, bintek itu sudah mendapat izin dari pimpinan. Pertimbangan lain, informasinya Brebes sudah masuk level 2. Apalagi, vaksinasinya sudah mencapai lebih dari 50%, sehingga berani ke luar kota.

“Bintek ini sudah mendapat izin dari pimpinan. Kalau soal PPKM, kita kan sudah masuk level 2. Vaksinasinya sudah mencapai lebih dari 50%,” ujarnya.

Andri menjelaskan, lokasi bintek di Lawu Park Karanganyar karena fasilitasnya dinilai lebih lengkap dari pada potensi wisata lokal, sehingga bisa sekaligus studi banding pengelolaan wisata di luar daerah.

Di sisi lain, tujuannya agar semua tim seluruh OPD bisa lebih kompak, sehingga, pengelolaan dan manajemen aplikasi SIAPbang selalu update dan efektif.

“Karena sudah berjalan, tahun ini di Lawu Park. Harapannya, tahun depan bisa di objek wisata lokal. Yang jelas, bintek ini tidak terkait upaya penyerapan anggaran di akhir tahun,” katanya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini