Lebih dari 140 Ribu Rumah di Brebes Belum Miliki Jamban

0

PUSKAPIK.COM, Brebes – Data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim) Kabupaten Brebes menyebut, sebanyak 141.937 rumah warga berpenghasilan rendah di Kabupaten Brebes belum punya jamban.

Kepala Bidang (Kabid) Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Dinperwaskim Kabupaten Brebes, Budi Rakhmawan, Kamis, 11 November 2021 mengungkap, berdasarkan data dari aplikasi Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat (STBM) ada 141.937 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang rumahnya belum memiliki jamban.

“Dari 141.937 rumah yang belum miliki jamban itu terdiri dua prilaku. Yakni, 38.138 warga berprilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan sisanya berprilaku lebih memilih numpang BAB disaudara ataupun di mushala,” ujarnya.

Dijelaskannya, memang kebutuhan bantuan jambanisasi si Kabupaten Brebes cukup banyak. Karenanya, tidak hanya dari Dinperwaskim, kata dia, melainkan dari instansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan pemerintah desa (Pemdes) juga bisa ikut serta dalam membantu jambanisasi di Kabupaten Brebes.

“Yang terpenting saat ini kita telah berkordinasi dengan Dinkes dan Pemdes untuk mengubah pola hidupnya. Yakni, tidak BABS lagi,” jelasnya.

Bahkan, untuk proses percepatan bantuan jambanisasi, kata dia, tahun ini pihaknya telah memberikan bantuan jambanisasi terhadap 2.025 rumah warga. Meskipun tahun depan belum ada penganggaran, namun pihaknya akan terus mengupayakan bantuan jambanisasi kepada warga yang membutuhkan.

“Untuk pastinya berapa kita belum tahu, karena belum penganggaran. Namun, kita bersama instansi terkait maupun pemdes akan terus berkordinasi terkait bantuan jambanisasi di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini