Rawan Kecelakaan, Satlantas Polres Tegal Pasang Spanduk Imbauan di Jalur Kalibakung-Guci

Tim Satlantas Polres Tegal dan Dishub saat melakukan survey di jalur tanjakan bukit Siwuni, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Sabtu siang, 6 November 2021. FOTO/PUSKAPIK/SAKTI RAMADHAN
Iklan

PUSKAPIK.COM, Slawi – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tegal dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, Sabtu siang, 6 November 2021, menggelar survei di titik jalur rawan kecelakaan lalu lintas dan jalur trouble spot atau jalur rawan macet akibat kondisi jalan yang menanjak dan menikung. Survei dilakukan di ruas jalur Kalibakung-Bojong yang merupakan jalur menuju objek wisata Guci.

“Kita bersaman Dinas Perhubungan dan instansi terkait melaksanakan survei pada jalur trouble spot dan rawan laka,” kata Kasatlantas Polres Tegal AKP Dwi Himawan Chandra.

Ia menjelaskan, ada empat titik di jalur Kalibakung-Bojong yang diwaspadai sebagai titik rawan kecelakaan dan jalur trouble spot. Antara lain di jalur tanjakan Kalibakung dan leter S Bukit Siwuni.

Di titik rawan kecelakaan dan trouble spot, Satlantas Polres Tegal memasang spanduk imbauan bertuliskan “Tanjakan dan Tikungan Tajam, Gunakan Gigi 1”. Spanduk imbauan tersebut salah satunya dipasang di jalur leter S Bukit Siwuni.

“Ketika melintasi tanjakan dan tikungan Siwuni ini kita berikan imbauan agar kendaraan menggunakan gigi 1,” kata Himawan.

Ia menambahkan, sebagai jalur wisata, arus lalu lintas di ruas jalan Kalibakung-Bojong selalu ramai. Terlebih jika akhir pekan volume kendaraan akan meningkat karena banyak orang yang berwisata ke Guci dan sejumlah tempat wisata lainnya di wilayah Bojong dan Bumijawa.

“Pemasangan spanduk imbauan diharapkan akan menjadi rambu dan petunjuk bagi pengendara saat melintasi jalan berkelok dan menanjak,” katanya.

Himawan menambahkan, tim urai Polres Tegal akan disiagakan di jalur rawan kecelakaan dan trouble spot pada akhir pekan, untuk mencegah terjadinya kemacetan maupun kecelakaan saat terjadi peningkatan volume kendaraan.

“Khusus pada weekend kita menerapkan tim urai, tapi tim urai mobiling dari Siwuni ini sampai ke Pertigaan Yomani,” katanya.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini