Di Pekalongan, Ada Kampung Cerdas Mandiri

Iklan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Kampung Cerdas Madiri di Kelurahan Bandengan diresmikan Wakil Wali Kota Pekalongan, H Salahudin STP pagi ini di Aula Kelurahan Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Rabu 3 November 2021.

Kampung Cerdas Mandiri ini sebagai output dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Pekalongan (Unikal) yang didaulat untuk memberikan manfaat dari segi kesehatan, lingkungan, dan ekonomi di wilayah Bandengan.

Usai meresmikan Kampung Cerdas Mandiri, Salahudin menyampaikan apresiasinya terhadap kiprah Unikal di Kota Pekalongan terutama dalam program ini.

“Alhamdulillah di sini ada sinergi dengan warga Bandengan, bersyukur Bandengan digunakan untuk program yang harapannya dapat meningkatkan kemampuan masyarakatnya bidang ekonomi dan lingkungan,” terang Salahudin.

Salahudin berharap masyarakat Bandengan ke depannya betul-betul mandiri. Derajat kesehatan, ekonomi, dan lingkungannya juga meningkat

“Harapannya nanti permasalahan rob juga dapat ditanggulangi bersama dengan program ini,” katanya.

Sementara itu, Rektor Unikal, Suryani SH MHum menjelaskan, Bandengan menjadi lokasi program ini karena lokasi yang dekat dengan Unikal dan strategis. Ditambah lagi Bandengan juga terdampak rob secara masif.

“Ada beberapa hal yang bisa kita bantu terutama masalah kesehatannya. Kita juga akan optimalkan lahan sempit di Bandengan untuk urban farming/taman kota,” papar Suryani.

Terkait urban farming, dibeberkan Suryani bahwa di Bandengan ada bunga telang yang bisa dibudidayakan. Bunga telang ini dapat diolah menjadi produk.

“Kami akan bantu pengolahan bunga telang ini sampai dapat perizinan industri,” pungkas Suryani.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini