Ekonomi Mulai Membaik, Permintaan Uang Kartal di Tanah Air Naik

Iklan

PUSKAPIK.COM, Tegal – Pertumbuhan ekonomi regional membaik seiring meningkatnya mobilitas masyarakat, sejalan dengan pelonggaran kebijakan Progam Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk penanganan Covid-19.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, perekonomian nasional pada Triwulan II 2021 mencatatkan pertumbuhan positif untuk pertama kali sejak pandemi Covid-19. Berdasarkan rilis terkini, pertumbuhan ekonomi pada Triwulan II 2021 tercatat sebesar 7,07% (yoy), membaik dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar -0.71% (yoy).

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional, wilayah Jawa Tengah juga menunjukkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,66 persen (yoy) pada Triwulan II 2021, setelah sebelumnya mengalami kontraksi selama empat kuartal terakhir.

“Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang membaik, permintaan uang kartal di Indonesia tumbuh positif,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Taufik Amrozy, Senin, 1 November 2021.

Taufik mengungkapkan, studi yang dilakukan Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (DKEM) Bank Indonesia menyatakan bahwa pertumbuhan uang kartal sangat kuat dipengaruhi pertumbuhan PDB nominal.

“Level uang kartal akan tetap naik sejalan dengan kenaikan pertumbuhan ekonomi, hubungan antara transaksi non tunai terhadap uang tunai lebih bersifat komplementer dan tidak saling menggantikan,” ujarnya.

Kontributor: Sakti Ramadhan
Editor: Amin Nurrokhman

 

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini