KAHMI Tawarkan Solusi Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Pemalang

0
Pelantikan pengurus MD KAHMI Pemalang periode 2021-2026 dilantik di Pendopo Kantor Bupati Pemalang. FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pengurus Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Pemalang periode 2021-2026 dilantik di Pendopo Kantor Bupati Pemalang.

Kordinator Presdium KAHMI Pemalang, Ahmad Nurmuladi, Sabtu malam, 30 Oktober 2021 menyampaikan, dilantiknya jajaran presidium hari ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih pemikiran bagi bangsa, termasuk penanganan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Pemalang.

“Kemiskinan merupakan persoalan strategis yang dialami hampir di seluruh negara di dunia. Hal ini dilihat dari deklarasikan PBB dalam ‘Millenium Development Goals’ yakni memberantas kemiskinan dan kelaparan,” katanya.

KAHMI pun menawarkan solusi penanganan kemiskinan ekstrem berdasarkan kajian-kajian internal. Antara lain perlu disediakannya kesempatan berwirausaha dengan memberikan pelatihan dan pendampingan yang mengacu kepada kebiasaan dan kearifan daerah.

“Kemudian memberikan bantuan modal berupa alat-alat produksi. Tersedianya fasilitas pendidikan bagi anak-anak usia dini secara gratis termasuk kebutuhan primer seperti seragam sepatu dan uang saku. Bagi keluarga yang terdampak PHK akibat pandemi perlu diberikan modal usaha sebagai sumber penghasilan baru. Dan terakhir membangun klaster UMKM produktif dengan mengedepankan kearifan lokal,” katanya.

Selain ucapan selamat, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo berharap dengan dilantiknya kepengurusan MD KAHMI Pemalang untuk bisa bersinergi dengan program-program Pemkab Pemalang dalam menangani persoalan-persoalan di masyarakat. Termasuk penanganan dampak sosial pasca Pandemi Covid-19.

“Besar harapan kami semoga KAHMI akan terus berperan aktif dan turut serta menyelesaikan permasalahan bangsa, sebagai dari upaya untuk mensukseskan pembangunan, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan seminar nasional dengan tema ‘Akselerasi Peran Strategis KAHMI Pemalang dalam Menjawab Tantangan Sosial Kemiskinan Ekstrem di Era Revolusi Industri 4.0’.

Untuk diketahui, pelantikan tersebut adalah hasil Musyawarah Daerah (MUSDA) V MD KAHMI Pemalang, 19 September 2021 lalu di Hotel Sentana Mulia, Pemalang. Dalam Musda tersebut menetapkan 5 anggota presidium yakni, Misbakhul Munir, Isa Agus Amsori, Abas Faturochman, Tri Atmojo, dan Ahmad Nurmuladi.

Selain bupati dan wakil bupati Pemalang dan Forkopimda, nampak beberapa tokoh Nasional turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya Wakil Ketua MPR RI, Asrul Sani.

Penulis: Baktiawan Candheki
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini