119 Warga PSHT Pemalang Ikut Pelatihan Bela Negara di Bumi Perkemahan Sikucing

0
Ratusan anggota Perguruan pencak silat PSHT Cabang Pemalang mengikuti pembekalan Bela Negara di Bumi Perkemahan Sikucing Kecamatan Moga, Sabtu, 30 Oktober 2021. FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan anggota Perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cabang Pemalang mengikuti pembekalan Bela Negara di Bumi Perkemahan Sikucing Kecamatan Moga, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Program bela negara yang mengambil tema ‘Pengamanan Teratai (Pamter) Setia Hati Teratai Cabang Pemalang’ ini dibimbing langsung oleh Komando Distrik Militer 0711 Pemalang.

Ketua Cabang Pemalang PSH Teratai Slamet Efendi mengatakan, program bela negara ini diselenggarakan selama 3 hari, Jumat-Minggu, 29-31 Oktober 2021. Kegiatan ini diikuti 119 peserta dari warga PSH Teratai dengan masing -masing ranting mengirimkan 10 orang. Tujuan bela negara ini untuk meningkatkan kedisiplinan dan ketaatan serta kepekaan terhadap pesoalan di lingkungan seperti bencana alam dan gangguan Kabtibmas.

“Diharapakan kegiatan ini dapat meningkatkan jiwa korsa organisasi PSH Teratai sebagaimana tema kegiatan tahun in yaitu Pamter SH Teratai. Selain itu pada saat sekarang ini mengalami cuaca ektrem yang bisa saja sewaktu-waktu ada bencana, sehingga warga PSH Teratai khususnya yang sudah mengikuti kegiatan ini bisa lebih tanggap,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah mengatakan, kegiatan bela negara ini dibimbing dan dilatih langsung oleh 22 anggota TNI Kodim 0711 dibantu oleh anggota Polres Pemalang.

Banyak materi yang didapat oleh peserta bela negara ini. Di antaranya untuk mendapatkan jiwa yang tangguh dan fisik yang prima. Materi lainnya yaitu wawasan kebangsaan dan tanggap untuk membantu saat mendapati persoalan baik bencana ataupun terkait keamanan.

“Manfaat kegiatan ini untuk pembentukan karakter, semangat juang yang tinggi sebagaimana amanat UUD 45. Besok, peserta kita kasih materi houlh to figter atau istilahnya prajurit petarung dengan menempuh perjalanan 5 kilometer denan melewati pos-pos,” ujar Dandim.

Kotributor: Dedi Muhsoni
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini