Di Brebes, Bawa Lansia Ikut Vaksin Dapat Kupon Undian Motor

0

PUSKAPIK.COM, Brebes – Ada kupon undian hadiah sepeda motor bagi warga Kecamatan Larangan Brebes. Syaratnya, bisa mengajak dan membawa lansia untuk vaksin corona. Jika beruntung bisa bawa pulang sepeda motor.

Mulai hari Rabu 27 Oktober 2021 ini sampai 30 hari ke depan, warga Kecamatan Larangan bisa mengikuti undian sepeda motor. Caranya mudah, bawa sebanyak-banyaknya kalangan lansia untuk mengikuti vaksin di faskes terdekat di wilayah Larangan.

Kesempatan mendapatkan hadiah tidak hanya bagi yang membawa lansia untuk vaksin. Bagi lansia itu sendiri yang berhasil disuntik juga akan diikutkan dalam undian.

Hadiah motor dalam program vaksinasi ini diprakarsai oleh Eko Supriyanto, Camat Larangan. Ide ini berawal dari keprihatinan dirinya atas rendahnya capaian vaksinasi kalangan lansia. Di mana capaian vaksinasi lansia hanya 28 persen pada awal Oktober lalu.

“Terus terang pertama saya sangat prihatin. Capaian vaksin lansia hanya 28 persen, terendah se Kabupaten Brebes. Padahal untuk kalangan lansia minimal 40 persen untuk mencapai PPKM level 2,” ungkap Eko Supriyanto.

Selanjutnya, dia pun mencari cara agar minat untuk vaksin bagi warga yang memiliki anggota keluarga lansia meningkat. Camat Larangan ini akhirnya memutuskan untuk memberikan hadiah sepeda motor dengan sistem undian.

Program vaksin berhadiah ini berlaku selama satu bulan. Dimulai pada 27 Oktober dan berakhir 26 November 2021 sekaligus pengundian hadiah.

“Mulai hari ini, warga yang mengajak, membawa lansia untuk vaksin akan diberi kupon undian. Kemudian lansianya juga akan dapat kupon. Saya sudah menyebar petugas ke tiap tiap tempat vaksin untuk memberikan kupon undian,” sambung Eko.

Melalui program ini, Camat Larangan mentargetkan 40 persen lansia bisa tervaksin. Melihat animo masyarakat yang makin meningkat, dia optimis bisa mencapai 50 persen pada akhir bulan ini.

“Dengan adanya undian ini animo warga langsung meningkat. Beberapa lokasi vaksin dipenuhi warga termasuk lansia. Mudah mudahan minggu depan bisa mencapai 50 persen lansia tervaksin,” sambungnya.

Tarwadi (37) salah satu warga desa Rengaspendawa yang terobsesi mendapat hadiah motor mengaku mengantar ibu dan pamannya untuk vaksin. Usai mengantar keluarga, dia pun membawa tiga kupon undian motor.

“Kalau saya sih sudah vaksin. Tapi saya dapat kupon juga karena mengajak emak sama pak lik vaksin,” ujarnya.

Secara umum, Idza Priyanti, Bupati Brebes menyebut, capaian vaksin kalangan lansia di Kabupaten Brebes memang masih rendah. Program vaksin berhadiah ini, kata dia merupakan salah satu inovasi yang bagus dalam meningkatkan capaian vaksin.

“Jadi ini harapan Pemerintah Daerah melalui Camat Larangan, melaksanakan pengundian sepeda motor untuk warganya biar masyarakatnya berminat untuk divaksin. Terutama yang lansia, karena lansia rentan,” ucap Bupati.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini