1.969 Pramuka Banyumas Dikukuhkan Menjadi Pramuka Garuda

0
Sebanyak 1.969 anggota Pramuka di Kabupaten Banyumas meraih tingkatan tertinggi Pramuka Garuda, Senin (30/12/2019). FOTO/ISTIMEWA

BANYUMAS (PUSKAPIK) – Sebanyak 1.969 anggota Pramuka di Kabupaten Banyumas meraih tingkatan tertinggi Pramuka Garuda, Senin (30/12/2019). Pelantikan dan pengukuhan Pramuka Garuda dipimpin Bupati Banyumas Achmad Husein yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Banyumas.

Wakil Ketua Bidang Bina Satuan, Agung Suparyoko Rahendrotomo mengatakan, pelantikan Pramuka Garuda ini merupakan kegiatan spektakuler dan paling banyak yang pernah dilakukan Kwarcab di Jawa Tengah. Menurutnya, Banyumas selalu selangkah lebih depan dan menjadi pioner untuk kegiatan Pramuka.

“Semoga ini akan menjadi contoh baik untuk Kwarcab lain agar target Ketua Kwarda untuk mencetak 50.000 Pramuka Garuda segera tercapai,” katanya usai pelantikan.

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan, Pramuka Garuda yang dilantik dan dikukuhkan terdiri dari 756 Siaga, 784 Penggalang, 23 Penegak, dan 5 Pandega. Mereka berasal dari berbagai Pangkalan di Kwarcab Banyumas.

Menurutnya, Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka. Setelah melalui seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus. Baru kemudian 1.969 pramuka itu dilantik menjadi Pramuka Garuda.

“Setelah dilantik menjadi Pramuka Garuda mereka diharapkan menjadi tauladan untuk lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun tempat tinggal,” katanya.

Sementara itu, Bupati Banyumas mengaku bangga dengan jajaran Kwarcab Pramuka Banyumas yang telah menunjukkan kerja kerasnya dalam membentuk karakter anak bangsa ini. Menurut Bupati, Pramuka Garuda nantinya menjadi pemimpin di masa depan. (AR)