Wow! di Brebes Ada Kepiting Asap Cangkang Lunak

Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Di Brebes, ada menu seafood yang cara penyajiannya lain dari biasanya, yakni kepiting asap cangkang lunak.

Menu makanan ini tidak seperti pada umumnya. Cara masaknya pun sedikit lama karena melalui dua tahapan. Dari sejumlah resto seafood di Brebes, kepiting asap cangkang lunak hanya bisa ditemui di rumah makan Setti, milik Ety Setiowati (51) di Jalan KH Hasyim Asyari Brebes.

Cara penyajian menu ini sedikit berbeda, dari menu kepiting lainnya. Setelah ditumis bersama bumbu, kepiting kemudian diasapi di atas panggangan arang.

Sebelum dimasak, kepiitng soka ini dicuci dan dibelah menjadi beberapa bagian. Potongan daging kepiting ditumis bersama bumbu bawang merah, bawang putih, bawang bombay daun bawang, sereh dan bahan lainnya. Setelah harum, kemudian ditambah lagi bumbu khusus yang sudah dihaluskan.

“Ini bumbu rahasianya. Kami meracik sendiri bumbu ini untuk membuat daging kepiting ini terasa lebih enak,” ungkap Ety Setiowati, Senin 18 Oktober 2021.

Setelah bumbu tercampur dan matang, kepiting ini dibungkus dengan daun pisang. Tahap berikutnya, diasapi di atas panggangan untuk menghilangkan kadar air sekaligus memberikan aroma smogy. Menu kepiting asap cangkan lunak siap dihidangkan.

“Memang prosesnya dua tahap. Dimasak dan diasap, jadi sedikit lama. Tapi hasil akhirnya memuaskan, kepitingnya bisa dimakan semua dan aromanya sedikit smogy,” tambah Ety Setiowati.

Satu porsi kepiting cangkang lunak ini dibandrol Rp.120 ribu. Porsi menu ini lumayan besar dan bisa untuk 3-4 orang.

Salah seorang penggemar makanan laut, Azmi (36) mengaku, menu ini memiliki rasa yang khas. Menurutnya, saat membuka bungkus daun, langsung tercium aroma rempah dan smogy.

“Yang paling dominan aroma rempahnya. Campuran bumbunya sangat pas dan daging kepitingnya bisa dimakan semua,” ucapnya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini