Ribuan Pedagang Kaki Lima dan Warung di Pekalongan Terima Bantuan Tunai Rp1,2 Juta

0
Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan menyalurkan secara simbolis BTPKLW senilai Rp1,2 juta kepada perwakilan penerima di Ruang Serbaguna Makodim 0710/Pekalongan, Selasa, 12 Oktober 2021. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) dari pemerintah pusat mulai digulirkan kepada masyarakat yang berhak. Pada penyaluran tahap pertama, bantuan senilai Rp1,2 juta tersebut secara simbolis diserahterimakan Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan didampingi Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih dan jajaran Forkopimda kepada perwakilan penerima di Ruang Serbaguna Makodim 0710/Pekalongan, Selasa, 12 Oktober 2021.

Hamonangan Lumban Toruan mengatakan, program BTPKLW ini menyasar para pedagang kaki lima dan warung yang ada di Kota maupun Kabupaten Pekalongan. Jumlah penerima di Kota Pekalongan sebanyak 1.600 orang, sedangkan Kabupaten Pekalongan sebanyak 2.100 orang.

“Masing-masing penerima mendapatkan bantuan uang tunai dari pemerintah sebesar Rp1,2 juta,” kata Hamonangan.

Menurutnya, kriteria penerima bantuan ini adalah para pedagang kaki lima dan warung yang sangat terdampak perekonomiannya akibat adanya pandemi Covid-19, terutama pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Pihaknya berharap bantuan ini dapat memulihkan perekonomian masyarakat selama pandemi Covid-19.

“Mereka ini adalah orang-orang yang tidak mampu dan kesehariannya hanya bergantung pada penjualan sebagai pedagang kaki lima dan warung. Untuk sementara pemberian bantuan ini masih tahap pertama, mudah-mudahan bantuan ini dapat berjalan secara rutin sehingga dapat membantu meringankan beban mereka selama pandemi Covid-19 dan segera terwujudnya kehidupan yang normal kembali seperti sediakala,” kata Hamonangan.

Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan yang sudah membantu menyalurkan bantuan tunai kepada para pedagang kaki lima dan pemilik warung di wilayah Kota dan Kabupaten Pekalongan.

“Harapannya bantuan tunai ini tentunya dapat memberikan stimulan kepada para penerima untuk bisa memulai kembali usahanya setelah sekian lama terdampak adanya PPKM dan bantuan ini bisa membawa berkah untuk semuanya baik pemerintah, TNI selaku penyalur dan para penerima bantuan tersebut,” kata Ning, sapaan akrabnya.

Salah satu penerima program BTPKLW, Nur Rohmat mengaku bersyukur bisa menerima bantuan tunai sebesar Rp1,2 juta tersebut. Pihaknya mengungkapkan akan memanfaatkan bantuan ini sebagai modal tambahan usahanya ke depan.

“Alhamdulillah, baru pertama kali ini saya mendapatkan bantuan. Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan tunai sebesar Rp1,2 juta. Alhamdulillah bisa menambah modal usaha kerupuk saya ke depannya,” kata Rohmat.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini