Kejar Level 2, Dinkes Brebes Kebut Vaksin Dosis Pertama

Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Karena baru 11,4 persen, capaian vaksinasi dosis lengkap di Brebes, merupakan terendah se Jawa Tengah. Pemkab Brebes sedang mengejar target vaksin dosis pertama hingga 50 persen demi mencapai PPKM level 2.

Rendahnya capaian vaksin lengkap ini diakui oleh Imam Budi Santoso, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Brebes. Dikatakan, saat ini Dinkes Brebes tengah fokus mengejar target 50 persen dosis pertama. Imam mengungkap, alasan dinas mengejar target 50 persen dosis pertama demi mendapatkan predikat PPKM level 2.

“Vaksin dosis pertama harus dikejar karena untuk mendapatkan level 2 PPKM. Ini sangat menentukan kegiatan masyarakat. Untuk level 3 ini masih banyak pembatasan yang spesifik kegiatan masyarakat di Kabupaten Brebes khususnya. Sehingga kalau kita mencapai level 2, kegiatan masyarakat terutama kegiatan perekonomian bisa kembali longgar, sehingga perekonomian akan pulih. Terutama kegiatan ekonomi yang berbasis pengumpulan massa di masyarakat,” ungkap Imam Budi Santoso, Selasa 12 Oktober 2021.

Kabid PPPM menyampaikan hingga tanggal 10 Oktober kemarin, capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Brebes sebagai berikut ;
Total sasaran : 1.537.324;
Vaksinasi dosis pertama : 457.372 (29,75 persen); dan Vaksinasi dosis lengkap : 174.973 (11,38 persen)

“Ini memang jauh sekali dari yang kita harapkan untuk perbaikan status level PPKM di Kabupaten Brebes. Jadi saat ini level di Kabupaten Brebes masih level 3 karena capaian vaksin kita yang belum 50 persen,” sambung Imam Budi Santoso.

Dari alasan itu lah, Dinkes lebih mengutamakan pencapaian 50 persen dosis pertama. Untuk mencapai target 50 persen dari capaian sekarang 29,75 persen, ujar Imam, Dinkes harus memvaksin 311.290 orang lagi. Target itu bisa dipenuhi dalam 24 hari kerja jika ketersediaan vaksin di kota bawang ini mencukupi.

Dijelaskan lebih lanjut, Brebes memiliki 297 desa, 38 puskesmas dan 14 rumah sakit yang memiliki minimal dua tim vaksinator di tiap-tiap faskes. Sehingga jika satu hari vaksin tiap-tiap fakses minimal 45 orang, dalam waktu satu hari bisa mendapatkan 13.365 orang. Sehingga jika dikakukan selama 24 hari bisa memperoleh mencapai 311.290 orang.
“Kita sudah punya scedhule, seandainya kita berandai-andai karena vaksin itu tergantung dari

Kementerian Kesehatan. Kalau kita disuplay 311.290 dosis untuk mencapai 50 persen sasaran, kita sudah punya rencana scedhule akan selesai selama 24 hari kerja. Itu kalau vaksinnya ada,” bebernya.

Sementara, kegiatan vaksin di Brebes sampai hari ini terus digencarkan. Sejumlah SMP di Brebes menggelar vaksin secara serentak dengan target 5000 dosis. Di SMP Negeri 1 Brebes misalnya, sekitar 600 siswa akan divaksin selama dua hari.
Untuk hari pertama ini yang divaksin sekitar 325 siswa dan besok pagi juga sekitar 325 siswa.

Mereka yang divaksin adalah yang sudah mengantongi izin orang tua, tidak punya komorbid dan lolos kesehatan,” terang Dharma Suhaeri, Kepala SMP Negeri 1 Brebes.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini