Mau Selfie? Datang ke Goa Lawa, Songgom, Brebes

0

PUSKAPIK.COM, Brebes – Memiliki beberapa gugus lubang yang masih belum tereksplor, goa sarang kelelawar (lawa) di kawasan pegunungan kapur Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, menyimpan potensi yang cukup eksotik.

Tempat ini dikenal dengan sebutan Goa Lawa dan lokasinya berada di kawasan pegunungan kapur Desa Songgom Lor, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes. Sebelum dikelola menjadi destinasi wisata, goa ini merupakan sarang dari ribuan kelelawar. Makanya tidak heran, goa ini dinamai Goa Lawa.

Kawasan goa ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Goa. Untuk menjadikan obyek ini sebagai tujuan wisata, Pokdarwis Pesona Goa melakukan pembenahan pembenahan. Antara lain membuat tangga yang menuju mulut goa, menyiapkan tempat parkir dan lapak lapak warung.

Abdul Kharis, Ketus Pokdarwis Pesona Goa mengatakan, goa ini memiliki potensi yang bisa dijual sebagai tempat wisata. Di dalam goa ini memiliki tempat yang eksotik untuk berfoto foto ria.

Selain itu, bagi yang memiliki jiwa petualang, bisa mengeksplor lubang lubang goa yang jarang dijamah. Hal ini lantaran akses masuk goa ini cukup sempit.

“Kalau pintu masuk utama ada satu. Tapi di dalamnya banyak gugusan goa yang saling terhubung. Sayang tidak semua wisatawan berani masuk karena memang aksesnya susah,” ujar Abdul Kharis, Senin 11 Oktober 2021.

Dia menyebut, goa ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Selama itu pula tidak pernah dikelola menjadi sebuah obyek wisata padahal di dalamnya memiliki potensi yang lumayan bagus.

“Setelah dilihat ternyata di dalamnya cukup bagus. Bagi yang suka foto foto, disini sangat cocok. Di atas ada lubang besar sehingga sijar matahari masuk dan masih ada lubang lubang goa yang saling terhubung,” terangnya.

Dia melanjutkan, ada tujuh lubang goa yang tempat ini. Dari tujuh lubang ini baru tiga yang sudah bisa diekspolrasi.

Sejak dibuka beberapa bulan lalu, pengunjung goa tidak ditarik biaya masuk. Hanya saja, pengelola memasang kotak sumbangan untuk biaya kebersihan dan perawatan.

“Kami tidak menarik biaya masuk. Tapi kami memasang kotak sumhangan bagi pengunjung. Se ikhkasnya untuk biaya kebersihan dan perawatan,” terang Kharis.

Salah seorang pengunjung, Ifah (30) mengatakan, datang ke lokasi ini karena penasaran setelah mendengar kabar dari orang orang. Wanita ini mengaku, suasana dalam goa sangat bagus untuk berfoto ria.

“Di dalamnya ini bagus juga untuk foto. Tapi sayang belum bisa mengeksplor seluruh goa karena saya tidak berani,” ucap Ifah.

Kontributor: Fahri Ltief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini