Belanja Sambil Menikmati Kesenian di Pasar Senja

0
Pasar Senja di Wisata Pangeran Purbaya Surajaya (Wippas), Desa Surajaya, Kabupaten Pemalang, Minggu 10 Oktober 2021. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pasar Seni dan Jajanan (Pasar Senja) di Objek Wisata Pangeran Purbaya Surajaya (Wippas), Desa Surajaya, Kabupaten Pemalang, Minggu sore, 10 Oktober 2021 mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat. Even yang digagas Disparpora Pemalang ini diharapkan mampu membangkitkan perekonomian di tengah pandemi serta memelihara seni dan budaya.

Sesuai namanya, even ini berlangsung menjelang sore hingga matahari terbenam. Ini merupakan kali kedua Pasar Senja digelar. Sebelumnya even serupa digelar di Desa Peguyangan.

Kabid Promosi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pemalang, Arzya Rosanda, mengungkapkan, Pasar Senja digelar bergilir antardesa di Kabupaten Pemalang, khususnya desa wisata. Dengan tetap menerapkan protokol kesetahan, kata Arzya, harapannya even ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar di tengah pandemi Covid-19.

“Kemudian memelihara budaya setempat juga. Jadi adanya Pasar Senja ini, pengunjung juga menikmati penampilan budaya yang ada,” ujarnya.

Warga mengunjungi gerai kerajinan ukir kayu jati dan akar bambu di Pasar Senja Desa Surajaya, Pemalang, Minggu, 10 Oktober 2021. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

Dalam pantauan Puskapik.com, antusiasme masyarakat cukup tinggi menyambut even yang menyajikan pertunjukan dan produk seni, serta UMKM yang ada di ‘Kota Ikhlas’ itu.
Mulai dari kerajinan seni ukir, kerajinan tangan, suvenir, tanaman bonsai, jajanan tradisional maupun modern dijajakan dalam even yang digagas Disparpora Pemalang ini.

“Pasar Senja ini jadi tempat saya memamerkan karya-karya seni, hasilnya nanti di rumah banyak konsumen yang berdatangan,” tutur Mudiyono, perajin ukir kayu jati dan akar bambu.

Sembari berbelanja produk-produk lokal yang ditawarkan, para pengunjung juga menikmati pertunjukan kesenian yang disuguhkan seperti karawitan, tari, fashion show, serta orkes dari Dristarasta.

Sementara itu, Kepala Desa Surajaya, Wasno, mengaku sangat mendukung even pasar senja ini, dengan harapan mampu membangkitkan pariwisata dan mengenalkan produk lokal desanya.

“Apalagi mengingat Kabupaten Pemalang masuk 5 Kabupaten kategori miskin, mudah-mudahan UMKM ini bisa mendongkrak perekonomian,” kata Wasno.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini