Masih Sejuta Lebih Warga Brebes Belum Divaksin

0

PUSKAPIK.COM, Brebes – Dari 1.518.546 orang warga Kabupaten Brebes yang menjadi sasaran vaksin, baru sekitar 436.600 yang sudah divaksin. Jumlah warga Brebes yang belum mendapatkan vaksin mencapai satu juta orang lebih.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Brebes dr. Sri Gunadi Parwoko, 7 Oktober 2021, mengatakan, jumlah penduduk Kabupaten Brebes sebanyak 2.190.724 jiwa. Untuk warga yang menjadi sasaran vaksin sebanyak 1.518.546 jiwa. Hingga kini, jumlah yang divaksin baru 436.600 jiwa. Sisanya, satu juta lebih warga belum divaksin.

“Secara absolut sebenarnya kita sudah banyak, yaitu 436.600 orang. Tapi secara persentase masih sedikit, baru 28 persen. Ini karena sasara vaksinnya tinggi, 1,5 juta orang. Sisa yang belum divaksin satu juta orang lebih,” ungkap Sri Gunadi .

Masih rendahnya capaian vaksin ini lah yang menyebabkan Brebes masih bertengger di level 3
PPKM. Sri Gunadi meneruskan, untuk bisa mencapai PPKM level 2, maka capaian vaksin harus mencapai 50 persen. Syarat lainnya, vaksinasi lansia mencapai 40 persen.

Di Kabupaten Brebes, Plt Kepala Dinkes meneruskan, lebih dari 152.000 orang lansia yang menjadi sasaran vaksin. Saat ini jumlah lansia yang sudah vaksin sebanyak 32 persen atau 49 ribuan. Jika indikator vaksin tidak dimasukkan dalam pelevelan PPKM, Sri Gunadi menegaskan, Brebes dipastikan sudah di level 2.

“Kalau kita bicara pelevelan sekarang indikator ditambah capaian vaksin. Dulu tidak ada capaian vaksin. Jadi Brebes yang sekarang level 3 mau masuk level 2 ya harus menyelesaikan vaksin sesuai indikator yaitu targetnya 50 persen kemudian lansia 40 persen. Ini yang harus dicapai dan kita belum mencapai itu,” ungkapnya.

Sementara, untuk kasus aktif di Brebes sebanyak 20 orang. Sembilan orang dirawat dan 11 orang isolasi mandiri. Sedangkan kasus harian, tiga orang positif dan dua orang sembuh.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini