Permudah Pendonor, PMI Pemalang Digitalisasi Pelayanan

0
Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, menerima kartu anggota donor darah dari PMI Pemalang, dalam acara penyerahan penghargaan donor ke-25 kali, Senin 4 Oktober 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Palang Merah Indonesia (PMI) Pemalang mentransformasi sejumlah pelayanan. Transformasi ini dilakukan guna mempermudah pelayanan.

Ketua PMI Pemalang, Abdul Kadir, mengatakan, program unggulan pemerintah daerah yang di implementasikan PMI dalam kegiatan donor darah yaitu desa wisata (Dewi).

Dalam hal ini, kata Abdul Kadir, PMI menyasar tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Pemalang sebagai lokasi kegiatan donor darah.

“Jadi sambil berwisata, siapa yang sudah waktunya donor, dipermudah di sana.” ujarnya, Selasa 5 Oktober 2021.

Kegiatan itu, tutur Abdul Kadir, sudah berjalan seperti di Wippas (Surajaya), Benowo Park (Penggarit), serta di Pantai Nyamplungsari.

Selain program Dewi, program unggulan Kabupaten Pemalang lainnya yang diikuti PMI yaitu Desa Digital (Dedi). “Donasi ke PMI tidak harus ke bank, kami sudah pasang barcode di Bank Jateng,” terang Abdul.

Digitalisasi pelayanan ini juga melahirkan kartu donor darah. Menurut Abdul, data aktivitas donor darah para sukarelawan PMI Pemalang bisa terpantau dalam kartu donor darah itu.

“Baik jumlah orangnya, alamatnya, donor ke berapa, dan sebagainya,” jelas Abdul.

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, turut mendapatkan kartu donor darah tersebut dalam acara penyerahan penghargaan donor darah ke-25 kali.

“Kami memantau ternyata pak bupati pegiat donor darah di Pemalang, terakhir beliau donor di Desa Temuireng pada 16 Agustus lalu,” ungkap Abdul.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini